Ilustrasi apem kukus tepung beras.
Ilustrasi apem kukus tepung beras. ( Dok. Sajian Sedap)

Pakai 5 Bahan Sederhana, Berikut Cara Membuat Apem Kukus Tepung Beras

21 Maret 2023 17:24 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak jenis apem di Indonesia, dari apem selong, apem panggang, apem cungkit, sampai apem kukus.  Apem kukus umumnya dicetak dengan loyang persegi atau mangkuk plastik bulat. Ciri apem kukus yang enak adalah yang berserat dan menul (mengembang sempurna).  Kamu bisa membaut resep apem kukus tepung beras dari Sajian Sedap untuk takjil buka puasa. Apem kukus paling nikmat ditaburi kelapa parut sambil minum kopi hitam. 

Resep apem kukus tepung beras

Bahan

300 gram tepung beras

200 gram gula pasir

660 ml air Seperempat sendok teh garam

1,5 sendok teh ragi instan, seduh dengan

2 sdt air hangat

50 ml minyak 

Cara membuat apem kukus tepung beras: 

1. Rebus 330 ml air, gula pasir, dan garam sampai semuanya larut. 

2. Dalam satu wadah, aduk tepung beras dan sisa 330 ml air. Tuangkan rebusan gula dan garam sebelumnya. Aduk sampai rata. Tunggu sampai suhunya jadi hangat kuku. Masukkan ragi, aduk rata, diamkan lagi selama satu jam. 

3. Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi minyak, kukus selama 50 menit sampai apem matang. Cek kematangan apem dengan tusuk menggunakan tusukan gigi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Apem Kukus Tepung Beras, 6 Bahan Sederhana", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/21/141500375/resep-apem-kukus-tepung-beras-6-bahan-sederhana.

Editor : Silvita Agmasari

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm