Ilustrasi stik ikan atau nugget ikan.
Ilustrasi stik ikan atau nugget ikan. ( Dok. Shutterstock/ArtCookStudio)

Stok Lauk Sahur, Berikut 3 Cara Membuat Chicken Nugget Ekonomis

21 Maret 2023 17:54 WIB

SonoraBangka.id- Chicken nugget menjadi makanan beku (frozen food) yang akrab dengan orang Indonesia.  Tidak heran, banyak orang yang menstok chicken nugget untuk stok lauk sahur praktis di freezer. Alih-alih beli, membuat nugget sendiri di rumah bisa jadi pilihan ekonomis.  Kamu juga bisa mengontrol bahan nugget dan memasukkan aneka sayuran agar nugget lebih bergizi.  Berikut adalah tiga tips membuat chicken nugget ekonomis, tetapi tetap sehat dan enak. Cara membuat nugget ekonomis ini juga cocok bagi kamu yang ingin menjual nugget rumahan saat Ramadhan. 

1. Campur roti tawar dengan daging ayam 

Roti tawar dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin membuat nugget dalam jumlah banyak tetapi tetap ekonomis.  Rasa roti tawar tidak akan berpengaruh pada rasa ayam tersebut. Selain itu, ketika digoreng, nugget akan mengembang sempurna.  Perbedaan hanya ada pada tekstur nugget yang akan sedikit lebih lembut, ketimbang menggunakan bahan daging ayam saja.  Cara membuat nugget ayam roti tawar adalah dengan merendam roti tawar dengan susu UHT rasa plain.  Hancurkan roti tawar dengan daging ayam fillet menggunakan food processor, lalu aduk dengan berbagai bumbu menggunakan tangan.  Baca juga: Cara Membuat Nugget Tahu untuk Stok Makanan Anak Kos

2. Campur berbagai sayuran atau protein lain

Kamu bisa mencampur nugget dengan bahan bergizi dan membuat komposisi daging ayam berkurang, selain menggunakan roti tawar.  Kamu bisa menggunakan wortel, brokoli, bayam, tempe, atau jamur tiram yang dihancurkan di food processor untuk dicampur bersama daging ayam giling.  Campuran ini bisa membuat nugget jadi lebih murah, banyak, dan bernutrisi. 

3. Bikin tepung balur sendiri

Tepung balur nugget yang umumnya berbahan dasar tepung roti atau panko.  Bahan yang umumnya dibeli di minimarket ini bisa diakali untuk menekan harga produksi.  Gunakan roti tawar yang harganya murah, panaskan sebentar di oven untuk mengurangi kelembapan roti lalu hancurkan dengan food processor sampai ketebalan yang diinginkan.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Chicken Nugget Ekonomis dan Bergizi, Stok Lauk Sahur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/21/120500275/3-cara-membuat-chicken-nugget-ekonomis-dan-bergizi-stok-lauk-sahur?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm