Wiper mobil(Auto2000)
Wiper mobil(Auto2000) ( KOMPAS.COM)

Bahaya, Tidak Boleh Nyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kondisi Kering

21 Maret 2023 21:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Wiper digunakan untuk membantu pengemudi menjaga visibilitas berkendara saat hujan deras. Perawatan dan penggunaan komponen ini tidak boleh sembarangan.

Sebagai contoh, pemilik mobil dilarang menggunakan wiper dalam kondisi kaca yang kering. Sebab, dapat tergores dan buram. Kalau terlanjur, mobil terpaksa harus melakukan perawatan khusus yang membutuhkan biaya mahal, bahkan pergantian komponen kaca. 

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, gesekan karet wiper dan kaca yang kering akan merusak kedua komponen, yaitu wiper itu sendiri dan kaca. 

"Kaca jadi tergores karena debu dan kotoran yang menempel di kaca tersapu wiper. Penggunaan wiper akan efektif dalam kondisi hujan deras," kata Syafruddin.

Selain kaca, Syafruddin mengatakan, karet wiper juga akan rusak jika bergesekan dengan kaca mobil yang panas. Karet wiper bisa mengeras dan jika dibiarkan kerusakan kaca bertambah parah. 

Padahal, kaca yang tergores atau rusak tidak dapat diperbaiki dan wajib diganti baru. 

"Hati-hati, jangan sampai asal pakai wiper sembarangan. Jika kaca kotor, mending dibersihkan dengan air, kemudian dilap menggunakan kain basah," kata Syafruddin. 

"Karet wiper juga wajib di cek, ganti 6 bulan sekali. Jika terlalu lama, akan keras dan merusak kaca," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahaya, Jangan Nyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/21/121200515/bahaya-jangan-nyalakan-wiper-saat-kaca-mobil-kering.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm