ilustrasi dodol kurma.
ilustrasi dodol kurma. ( SHUTTERSTOCK/Nur El Imany)

Takjil Praktis Dan Tanpa Tambahan Gula, Berikut Resep Dodol Kurma

22 Maret 2023 15:56 WIB

SonoraBangka.id - Dodol kurma merupakan salah satu olahan kurma praktis untuk dijadikan takjil. Rasa manis dari kurma membuat sajian ini tidak memerlukan tambahan gula sama sekali. Cukup dengan tiga bahan lainnya, kamu bisa membuat dodol kurma menggunakan resep berikut ini. Jika sudah dingin dan agak mengeras, dodol kurma sebaiknya dipotong-potong sebelum disajikan. Ikuti resep dodol kurma dari buku "25 Resep Kreatif Olahan Kurma" (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini. 

Resep dodol kurma

Bahan:

200 gr kurma, buang bijinya, cincang halus

500 gr tepung ketan

500 ml santan kental

1 sdt garam

3 lembar daun pandan, simpulkan

Cetakan atau loyang yang sudah dioles dengan minyak

Cara membuat dodol kurma

1. Campur kurma cincang dengan santan dan garam, blender hingga halus.

2. Tuang ke wajan dalam antilengket, beri daun pandan dan tepung ketan, masak dalam api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk hingga santan asat dan adonan menjadi liat, angkat.

3. Siapkan cetakan atau loyang yang sudah dioles minyak, isi dengan adonan dodol, dinginkan.

4. Hidangkan dengan diberi hiasan sesuai selera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Dodol Kurma, Takjil Praktis dan Manis Tanpa Tambahan Gula", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/22/132539075/resep-dodol-kurma-takjil-praktis-dan-manis-tanpa-tambahan-gula.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm