Ilustrasi setup pisang.
Ilustrasi setup pisang. ( Dok. Shutterstock/tyasindayanti)

Menu Takjil Yang Mudah Dibuat, Berikut Ini Resep Setup Pisang

25 Maret 2023 13:34 WIB

SonoraBangka.id - Pisang sekalin bisa dimasak jadi kolak juga bisa diolah jadi berbagai takjil buka puasa yang nikmat.  Kamu bisa membuat setup pisang, yaitu pisang dengan kuah gula yang nikmat disantap dalam kondisi dingin atau hangat.  Resep setup pisang kepok ini dari buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Setup Dan Sirop Buah" (2013) karya Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pusataka Utama.  Tambahkan kolang-kaling atau nangka jika ingin setup pisang punya varian tekstur yang lebih kaya. 

Resep setup pisang

Bahan

500 gram pisang kepok tua, kupas dan iris tebal bulat

500 ml air

150 gram gula merah

50 gram gula pasir

5 cm kayu manis

Cara membuat setup pisang: 

1. Rebus 500 ml air dengan gula merah, gula pasir, dan kayu manis sampai gula larut dan aroma kayumanis tercium. Angkat dan saring. 

2. Rebus kembali air gula, masukkan irisan pisang. Kecilkan api, masak sampai pisang beraroma harum. Angkat. 

3. Sajikan dalam kondisi hangat atau dingin. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Setup Pisang, Menu Takjil untuk Dibagikan yang Bikinnya Mudah ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/23/150600375/resep-setup-pisang-menu-takjil-untuk-dibagikan-yang-bikinnya-mudah-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm