Kolak durian kolang-kaling ala Foodplace, cocok untuk takjil.
Kolak durian kolang-kaling ala Foodplace, cocok untuk takjil. ( KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA)

Takjil Hangat Dan Manis, Berikut Cara Membuat Kolak Kolang Kaling Tape

27 Maret 2023 21:13 WIB

SonoraBangka.id - Kolang-kaling biasanya menjadi campuran es. Kamu pun dapat mengolah kolang-kaling menjadi minuman hangat, dipadukan dengan tape. Kuah kolak kolang-kaling ini menggunakan santan dan gula merah sehingga rasanya manis yang pas. Kamu dapat mengemas kolak kolang-kaling di dalam cup plastik kemudian dijual di pasar takjil. Sudah siap bikin kolak kolang-kaling? Ikuti resep dari buku "Step by Step: 50 Resep Dessert Pilihan" (2013) karya Sisca Soewitomo terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Resep kolak kolang-kaling tape

Bahan kolak kolang-kaling tape

200 gram gula merah, sisir

100 gram gula pasir

2 lembar daun pandan

250 gram kolang-kaling

1 liter santan dari 1 butir kelapa

250 gram tape singkong, potong dadu 

Cara membuat kolak kolang-kaling tape

1. Rebus gula merah bersama gula pasir dan daun pandan sampai mendidih. Tambahkan gula dan rebus sampai gula larut.

2. Rebus kembali gula merah, masukkan kolang-kaling. Masak hingga kolang-kaling matang. Tuang santan, masak sebentar. Angkat.

3. Siapkan gelas atau mangkuk. Isi dengan tape, tuangkan kuah santan kolang-kaling. Sajikan selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kolak Kolang-kaling Tape, Takjil Hangat dan Manis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/27/152739675/resep-kolak-kolang-kaling-tape-takjil-hangat-dan-manis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm