Kue kacang mede renyah dan gurih ala Saijan Sedap.
Kue kacang mede renyah dan gurih ala Saijan Sedap. ( DOK. SAJIAN SEDAP)

Agar Tidak Gagal, Berikut 4 Cara Membuat Kue Kacang Matang

27 Maret 2023 21:34 WIB

SonoraBangka.id -  Kue kacang biasa dihidangkan di stoples camilan saat Lebaran. Cara membuat kue kacang terbilang susah gampang. Beberapa orang pernah mengalami kegagalan saat membuat kue kacang. Kesalahan membuat kue kacang ini biasanya disebabkan karena penggunaan kacang yang salah. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips membuat kue kacang berikut ini. 

1. Sangrai dulu kacang

Dilansir dari majalah Sedap / ED 06 2015 terbitan Gramedia, kacang yang tidak dimatangkan lebih dahulu bisa membuat kue kering kacang menjadi mentah walau sudah dipanggang lama. Jenis kacang apapun perlu dimatangkan lebih dulu sebelum dimasukkan dan ditambahkan dalam adonan kue kering. Sangrai kacang dulu hingga matang, kemudian oven sambil sesekali diaduk.

2. Jadikan taburan

Jika kamu ingin menggunakan kacang mentah, sebaiknya gunakan kacang sebagai taburan atau baluran pada kue kering.

3. Gunakan api sedang

Selama proses memanggang kue kacang, gunakan api sedang stabil selama 30 menit. Sesekali keluarkan loyang kemudian goyang agar matang merata.

4. Jangan langsung menggunakan kacang matang

Dilansir dari buku "Resep Kue Paling Laku untuk Usaha Boga" (2018) oleh Sevi Maryanti terbitan Gramedia Pustaka Utama, pada saat membuat kue kacang, sebaiknya jangan langsung dibikin saat kacang matang. Gunakan kacang yang baru dimatangkan keesokkan harinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Kue Kacang Matang, Perhatikan agar Tidak Gagal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/27/121300775/4-cara-membuat-kue-kacang-matang-perhatikan-agar-tidak-gagal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm