Donat mudah didapatkan di sekeliling kita, sehingga camilan ini bisa jadi pilihan makanan pendamping kopi yang praktis
Donat mudah didapatkan di sekeliling kita, sehingga camilan ini bisa jadi pilihan makanan pendamping kopi yang praktis ( Unsplash/Mae Mu)

Berikut 3 Cara Cetak Donat Agar Bulat Dan Rapi Untuk Usaha Rumahan

28 Maret 2023 12:45 WIB

SonoraBangka.id - Sedang ingin membuat donat di rumah? Cara membuat donat sebetulnya mudah.  Hanya saja, beberapa orang mungkin pernah mengalami kegagalan dalam membuatnya. Salah satunya adalah bentuk donat yang tidak rapi.  Penyebab dari bentuk donat tidak bulat sempurna seperti gelang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dilansir dari majalah Sedap / ED 03 2015 terbitan Gramedia, simak penjelasan seputar tips membuat donat yang rapi.  

1. Jangan biarkan adonan terlalu lembek 

Dalam majalah tersebut menyebutkan kalau adonan yang terlalu lembek bisa menyebabkan donat gagal dibentuk. Adonan donat lembek biasanya karena terlalu banyak menggunakan bahan cair, telur, atau margarin.  Kamu bisa menambahkan sedikit tepung kemudian uleni hingga adonan kalis elastis. 

2. Adonan terlalu lama difermentasi

  Penyebab dari donat gagal dibentuk yang selanjutnya adalah adonan yang terlalu lama difermentasi. Jadi, kamu perlu memerhatikan lama waktu fermentasi pada adonan donat.  Jangan terlalu lama mendiamkan adonan donat karena bisa membuatnya semakin mengembang dan sulit dipegang. 

3. Gunakan sumpit

Cara membuat adonan berbentuk bulat sempurna yang selanjutnya adalah gunakan sumpit. Pada saat menggoreng adonan donat, selipkan sumpir ke dalam lubang kemudian putar mengelilingi lubang agar terbuka dan bentuknya rapi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Cetak Donat agar Bulat Sempurna dan Rapi untuk Usaha Rumahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/28/121300075/3-cara-cetak-donat-agar-bulat-sempurna-dan-rapi-untuk-usaha-rumahan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm