Ilustrasi serabi bandung dibuat dalam wadah tanah liat.
Ilustrasi serabi bandung dibuat dalam wadah tanah liat. ( SHUTTERSTOCK/EVY ALISHA)

Agar Tak lengket Berikut 5 Cara Masak Serabi Pakai Cetakan Tembikar

28 Maret 2023 16:16 WIB

SonoraBangka.id - Serabi adalah makanan tradisional khas Indonesia yang sampai sekarang masih digemari oleh banyak orang. Adonan serabi biasanya terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa.  Serabi tradisional cara masaknya masih menggunakan tembikar dan dimasak di atas kayu bakar sehingga ada aroma asap yang khas dari kayu bakar. Biasanya, ada tantangan tersendiri kalau masak serabi menggunakan cetakan tembikar, yaitu adonannya lengket.

Ada cara khusus supaya adonan serabi tidak lengket di cetakan tembikar.  Titin selaku pemilik tempat makan Serabi Hijau Panji Pondok Kelapa membagikan tips masak serabi menggunakan cetakan tembikar agar tidak lengket.  Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan ampas kelapa

“Ada caranya supaya tidak lengket, pakai ampas kelapa,” ujar Titin saat ditemui Kompas.com, Sabtu (24/03/2023). Parutan daging kelapa yang diperas untuk santan, menghasilkan ampas kelapa. Jangan buang ampas kelapa tersebut karena berguna agar adonan serabi saat dituang ke cetakan serabi tembikar tidak lengket atau menempel pada cetakan.

2. Cuci cetakan serabi tembikar dengan ampas kelapa

“Sebelum dipakai buat masak, cetakan harus dicuci dan digosok-gosokan dengan ampas kelapa terlebih dahulu,” kata Titin. Setelah itu, keringkan cetakan sebelum ditaruh di atas kompor.

3. Sangrai ampas kelapa di dalam cetakan serabi tembikar

Titin mengatakan, ampas kelapa harus disangrai sampai gosong agar lapisan cetakan serabi tembikar berubah warna menjadi hitam. “Selama proses sangrai, ampas kelapa akan mengeluarkan minyak. Bagian gosong warna hitam tandanya minyak kelapa sudah menyerap ke cetakan," kata Titin.  "Jadinya nanti pas masak serabi adonannya tidak lengket dan bisa nambah harum serabi juga,” jelasnya. 

4. Lap bersih cetakan serabi tembikar

Setelah ampas kelapa selesai disangrai, keluarkan ampas kelapa dari cetakan dan bersihkan cetakan menggunakan lap bersih sebelum memasukkan adonan serabi. Setelah bersih, baru bisa mulai masak serabi.

5. Jika sudah mulai lengket, ulangi langkah sebelumnya

Titin menambahkan bahwa cetakan serabi tembikar yang sudah sering dipakai harus dicuci lagi menggunakan ampas kelapa. Sebab, kemungkin besar minyak kelapa yang meresap pada cetakan sudah semakin habis atau semakin kering. Hal tersebut bisa menyebabkan adonan serabi menjadi lengket dan mudah menempel di cetakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Masak Serabi Pakai Cetakan Tembikar agar Tidak Lengket", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/28/150300475/5-cara-masak-serabi-pakai-cetakan-tembikar-agar-tidak-lengket?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm