Ilustrasi tempe goreng tepung.
Ilustrasi tempe goreng tepung. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Rembolle)

Tidak Keras Dan Krispi, Berikut 4 Cara Membuat Tempe Goreng Tepung

28 Maret 2023 16:19 WIB

SonoraBangka.id - Bagi para pencinta goreng, tempe goreng tepung mungkin menjadi salah satu menu favoritnya. Cara membuat tepung goreng yang satu ini terbilang mudah.  Namun, beberapa orang sering kali mendapati tempe goreng buatannya memiliki tekstur yang keras dan tidak renyah.  Dilansir dari majalah Sedap / ED 03 2015 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada tips membuat tempe goreng tepung renyah.  

1. Gunakan sedikit tepung beras 

Salah satu kunci dalam membuat tempe goreng tepung renyah adalah dengan menggunakan campuran dua jenis tepung. Itu adalah tepung terigu dan tepung beras.  Namun, pastikan untuk menggunakan tepung beras dengan takaran yang sedikit dan tidak melebihi takaran tepung terigu. 

2. Bahan cair yang digunakan terlalu banyak 

Gunakan sedikit saja bahan cair. Pasalnya, adaonan terlalu kental justru bisa membuat hasilnya menjadi gagal renyah dan keras. 

3. Gunakan campuran bahan tepung yang tepat 

Dalam majalah tersebut menyebutkan kalau tips membuat tempe goreng tepung renyah tahan lama adalah dengan menggunakan campuran tepung beras, tepung terigu, dan baking powder.  Gunakan sekitar 75 persen tepung terigu dan 25 persen tepung beras. Tambahkan juga dengan baking powder double acting ke dalam adonan tepung. 

4. Hidangkan dan makan dengan segera

Jika kamu tidak memiliki tepung terigu di rumah, kamu bisa menggunakan tepung beras sebagai balutannya. Namun, segera santap tempe balut tepung beras selagi masih hangat. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Tidak Keras dan Krispi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/28/131700775/4-cara-membuat-tempe-goreng-tepung-tidak-keras-dan-krispi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm