Kampas kopling (Kompas.com/Erwin Setiawan)
Kampas kopling (Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Kerugian Berkendara dengan Kondisi Kampas Kopling Mobil Mulai Aus

28 Maret 2023 21:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagai Pemilik tidak cuma wajib bisa mengendarai mobil, tapi juga harus memperhatikan kesehatan mobil yang digunakan. Jangan sampai, mobil disiksa dengan terus menggunakannya tanpa memperhatikan kapan waktu servis dan sejenisnya.

Walau dengan performa yang menurun, memang mobil masih bisa dioperasikan. Tapi, itu sama saja menyiksa mobil, dan ujung-ujungnya justru akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah bahkan menyebabkan celaka pengendara.

Jangan sampai kejadian tidak diinginkan menimpa Anda, hanya karena tidak peka terhadap kesehatan kendaraan yang dipakai tiap hari. Seperti memaksakan mobil tetap berjalan walau kondisi koplingnya sudah memburuk.

Foreman Nissan Bogor Fandi Ahmad mengatakan berbagai kerugian akan menimpa pengendara ketika mobil dipaksakan jalan dengan performa kopling yang sudah menurun.

“Ada beberapa bagian kopling yang bila kualitasnya sudah menurun akan membuat performanya melemah, meski mobil masih bisa digunakan atau dipaksakan jalan,” ucap Fandi kepada Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Dia mengatakan ketika kampas kopling sudah aus, mobil tetap bisa dikendarai meski performanya menurun. Tapi, kondisi tersebut tidak baik untuk lama-lama dibiarkan.

“Kampas kopling yang sudah aus atau tipis akan membuat performa mobil menurun, tarikan berat, tenaga hilang, kerugiannya tentu saja konsumsi BBM menjadi lebih boros, berkendara juga tidak nyaman,” ucap Fandi.

Tidak cuma kerugian finansial dan kenyamanan, Fandi juga mengatakan bila komponen kopling yang memburuk adalah bagian diafragmanya itu dapat merusak transmisi.

“Gejalanya pedal kopling terasa berat saat diinjak, itu memungkinkan terjadi penginjakan kopling yang tidak penuh, akibatnya bisa membuat perpindahan gigi susah atau bisa menimbulkan bunyi,” ucap Fandi.

Selain itu, kerusakan jangka panjang dari pegas diafragma kopling yang sudah lemah juga akan merusak mekanikal di dalam transmisi khususnya sinkromes.

“Sebaiknya bila sudah ada gejala performa kopling menurun segera lakukan perbaikan agar kerugian pemilik mobil tidak semakin banyak karena harus mengalami kerusakan yang lebih,” ucap Fandi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Risiko Berkendara dengan Kondisi Kampas Kopling Mobil Mulai Aus", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/28/121027415/risiko-berkendara-dengan-kondisi-kampas-kopling-mobil-mulai-aus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm