Bupati Bangka, Mulkan Resmikan Kampung Adat Gebong Marong
Bupati Bangka, Mulkan Resmikan Kampung Adat Gebong Marong ( Diskominfotik Bangka)

Resmikan Kampung Adat Gebong Marong, Bupati Bangka Ajak Lestarikan Budaya Daerah

29 Maret 2023 08:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bangka, Mulkan meresmikan Kampung Adat Gebong Memarong dan Peluncuran Buku Mapur Mendulang Kisah Meraup Berkah Bersama PT. Timah di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Selasa (21/03/2023).

Masyarakat adat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Eksistensi masyarakat adat harus tetap terjaga dan dilindungi agar tak tergerus zaman.

Salah satu bentuk pelestarian adat yang dilakukan PT Timah Tbk yakni dengan mendukung pembangunan Kampung Adat Gebong Memarong yang merupakan rumah adat Orang Lum di Dusun Air Abik Desa Gunung Muda, Kabupaten Bangka.

Dalam arahannya Bupati menuturkan kebudayaan merupakan kekayaan yang harus dilindungi dan harus dilestarikan serta didaftarkan sehingga tidak diambil oleh pihak lain.

"Nilai budaya dan kekayaan ini dapat dijaga dan dirawat serta dilestarikan. Hal ini harus dibuktikan secara otwntuk dan tertulis seperti peluncuran buku sejarah tentang kebudayaan di Dusun Air Abik,"kata Bupati

"Sekarang ini sudah ada tujuh Memarong dan dapat disewakan, namun kualitas pusaranya dan prasarana harus ditingkatkan kembali seperti sarana komunikasi, kamar mandi dan lainnya,"pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm