Ilustrasi lampu hazard yang menyala saat hujan(Grid.id)
Ilustrasi lampu hazard yang menyala saat hujan(Grid.id) ( KOMPAS.COM)

Pahami Aturan Penggunaan Lampu Hazard, Hanya Digunakan Saat Kondisi Darurat

29 Maret 2023 18:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebagai salah satu regulasi keamanan kendaraan bagi keselamatan pengemudi, semua mobil dilengkapi fitur hazard atau lampu isyarat peringatan bahaya atau darurat.

Sesuai dengan namanya, lampu ini berfungsi untuk memberikan sinyal isyarat bagi pengemudi lainnya. Sayangnya, masih sering dijumpai pemilik mobil yang menggunakan lampu hazard tidak sesuai aturan.

Beberapa contoh penggunaan lampu hazard yang keliru dan menyalahi aturan misalnya menggunakan lampu hazard di jalanan gelap atau dalam situasi hujan lebat.

Marcell Kurniawan, Direktur Pelatih The Real Driving Centre (RDC) menjelaskan, lampu hazard tidak boleh sembarangan digunakan. Fitur ini diperuntukkan khusus saat situasi darurat.

Penggunaan lampu hazard yang tidak taat aturan dapat membingungkan dan berpotensi membahayakan pengendara lainnya di sekitar .

“Untuk lampu hazard, penggunaan yang dibenarkan hanya ketika situasi emergency saja dan mobil dalam keadaan berhenti,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Menurut dia, yang dimaksud dengan darurat adalah situasi di mana pengemudi mengalami kendala yang akan menganggu perjalanan dan harus menepi, seperti mobil mogok karena mesin overheat atau ban mendadak bocor, dan lain sebagainya.

Situasi macam itu, barulah lampu hazard boleh digunakan. Hal ini juga sejalan dengan regulasi pemerintah dalam pasal 121 ayat (1) juncto pasal 298 Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Pasal 121 UU LLAJ berbunyi :

“Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan,”

Sedangkan Pasal 298 UU LLAJ berbunyi :

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang tidak memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 121 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pahami Aturan Penggunaan Lampu Hazard, Hanya Dipakai Saat Kondisi Darurat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/29/081200415/pahami-aturan-penggunaan-lampu-hazard-hanya-dipakai-saat-kondisi-darurat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm