Motor listrik konversi menggunakan penggerak Hub-Drive(KOMPAS.com/daafa)
Motor listrik konversi menggunakan penggerak Hub-Drive(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Potensi Motor Listrik Rusak jika Sering Lewat Jalan Berlubang

30 Maret 2023 20:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selain tidak aman dilewati, jalanan tidak rata atau penuh lubang bisa merusak beberapa komponen motor seperti bearing, pelek, dan ban. Untuk motor listrik, kerusakannya bahkan lebih fatal.

Motor listrik umumnya mempunyai penggerak hub-drive, di mana komponen-komponen penting, seperti dinamo dan koil terletak pada ruang khusus pada roda belakang.

Rizal Aliksan, Kepala Bengkel Spesialis Motor Listrik EVCentrum, menjelaskan, jalan berlubang dan tidak rata bisa merusak penggerak hub-drive.

“Bagian hub-drive kan isinya komponen penting seperti magnet, dinamo, dan koil, makanya dia sangat sensitif. Kalau motor menghajar lubang dengan keras, hub-drive bakal mengalami kerusakan dalam,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Kalau terjadi kerusakan, kendala yang akan dialami motor listrik bisa berupa mengadat, tarikan melemah, bahkan motor tidak bisa dijalankan alias mangkrak.

Menurut Rizal, ada dua potensi kerusakan yang bisa terjadi pada hub-drive setelah motor menghantam lubang, yakni koil putus atau magnet terlepas.

Jika koil putus, penanganannya terbilang cukup mudah karena hanya perlu melilit ulang. Kerusakan paling fatal adalah apabila magnet hub-drive terlepas.

“Kalau magnetnya lepas, itu yang fatal karena magnet fix rusak dan membetulkannya sangat sulit. Solusi yang paling masuk akal adalah ganti total, alias beli hub-drive baru,” ujarnya.

Rizal menjelaskan, alasan magnet lepas sulit dibetulkan adalah karena suku cadang magnet satuan belum banyak beredar di pasaran.

Supaya hub-drive tidak rusak, pengguna motor listrik disarankan untuk selalu berhati-hati dan menurunkan kecepatan ketika melalui jalanan yang penuh lubang. Jika memungkinkan, sebaiknya motor diupayakan untuk selalu melewati jalanan halus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Potensi Motor Listrik Rusak kalau Sering Lewat Jalan Berlubang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/30/090200515/potensi-motor-listrik-rusak-kalau-sering-lewat-jalan-berlubang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm