Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza M. Moesa di kawasan kantor Kompas Gramedia, Senin (3/4/2023).
Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza M. Moesa di kawasan kantor Kompas Gramedia, Senin (3/4/2023). ( KOMPAS.com)

BI Pastikan Jumlah Uang Beredar Selama Lebaran 2023 Tercukupi

3 April 2023 17:58 WIB

SonoraBangka.ID - Bank Indonesia (BI) memastikan jumlah uang yang beredar di masyarakat tercukupi, terutama menjelang Lebaran dan Idul Fitri 2023 ini.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza M. Moesa mengatakan, kalau jumlah uang di suatu masyarakat itu tercukupi akan mendorong aktivitas ekonomi jadi lebih lancar.

Selain itu, uang beredar dengan kualitas baik juga akan mendorong gairah masyarakat untuk melakukan transaksi.

"Ibarat dampak, kalau mesin itu kami sebagai pelumas. Kami tidak menambah tenaga kudanya, tapi memperlancar mesin yang begerak," ujar dia, Senin (3/4/2023).

Ia menambahkan, dampak positif ekonomi ril dari penukaran uang baru yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) itu adalah kelancaran transaksi.

Ameriza menjelaskan, penukaran uang baru yang dilakukan juga disertai dengan edukasi untuk cinta rupiah.

Masyarakat juga diharapkan tidak melipat, men-staples, dan mencoret uang rupiah untuk meningkatkan daya tahan uang rupiah beredar.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat bangga pada uang rupiah. Pasalnya, mata uang adalah salah satu ciri-ciri berdaulatnya suatu negara.

"Misalnya yang terjadi di Pulau Sipadan dan Ligitan itu kan salah satu faktornya sehingga diambil Malaysia adalah karena tidak adanya rupiah yang beredar, adanya ringgit. Jadi kita kalah di sidang internasional," urai dia.

Meskipun demikian, Ameriza menjelaskan, ada beberapa tantangan yang dihadapi Bank Indonesia dalam memastikan tercukupinya uang beredar di masyarakat.

Dari sisi demografi, Indonesia memiliki banyak pandukuk. Sedangkan, dari sisi geografi, bentuk negara yang kepulauan membuat BI juga perlu menerapkan strategi khusus untuk memnuhi kebutuhan masyarakat di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal.

"Kalau mengandalkan bank saja tidak cukup. Misalnya di Pulau Seribu itu tidak ada bank, masak di sana uangnya lusuh semua," tandas dia.

Sebagai informasi, Bank Indonesia sendiri menyediakan 5.066 titik layanan penukaran uang pada Ramadhan 2023 ini. Jumlah tersebut bertambah 377 titik dari total layanan di tahun sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BI Pastikan Jumlah Uang Beredar Selama Lebaran 2023 Tercukupi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/04/03/171000126/bi-pastikan-jumlah-uang-beredar-selama-lebaran-2023-tercukupi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm