SPKLU di Ruas Tol Trans Jawa(Jasamarga Related Business (JMRB))
SPKLU di Ruas Tol Trans Jawa(Jasamarga Related Business (JMRB)) ( KOMPAS.COM)

Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Listrik, Ini Daftar SPKLU di Jalan Tol

3 April 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada masa mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, PT PLN (Persero) memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan penguna kendaraan listrik.

Kesiapan PLN dibuktikan dengan sebaran SPKLU sebanyak 616 SPKLU di 237 Lokasi di Indonesia.

Sejumlah SPKLU ini di antaranya terletak pada rest area jalan tol di jalur mudik, yakni di sembilan titik di Tol Trans Jawa, dan enam titik di Tol Trans Sumatra.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni untuk pengguna electric vehicle (kendaraan listrik) di Indonesia.

“PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” ujar Darmawan, dalam keterangan tertulis (2/4/2023).

Darmawan mengatakan, hingga saat ini total 616 SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di Indonesia dapat dimanfaatkan oleh pengguna kendaraan listrik.

“Kami terus memperbanyak SPKLU untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat beralih ke kendaraan listrik. PLN berkomitmen untuk mendukung ekosistem yang mumpuni dan andal bagi pengguna kendaraan listrik (EV) di Indonesia,” kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, SPKLU ini didukung dengan tiga jenis pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di antaranya jenis medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging.

Adapun sebaran 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi; Pulau Jawa 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatra 35 lokasi, Kalimantan 12 lokasi, Sulawesi 14 lokasi, Maluku 2 lokasi, Nusa Tenggara 9 lokasi dan Papua 2 lokasi.

“Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik," ucap Darmawan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm