Permukaan ban belakang motor habis, sangat berisiko jika dibiarkan(Dicky Aditya Wijaya)
Permukaan ban belakang motor habis, sangat berisiko jika dibiarkan(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Ban Depan Motor Lebih Awet Dibanding Ban bagian Belakang?

3 April 2023 21:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban sepeda motor mempunyai peran penting untuk menopang beban pengendara dan motor. Supaya fungsinya selalu optimal, maka harus dirawat dan rutin diganti kalau masa pakainya sudah habis.

Saat mengganti ban, biasanya ditemui kejanggalan berupa ban bagian belakang lebih cepat habis dibandingkan ban bagian depan, apakah hal ini normal?

Dodiyanto, Senior Brand Executive dan Product Development PT Gajah Tunggal Tbk menjelaskan, kejadian itu terbilang normal dan wajar. Ban belakang motor memang lebih cepat habis.

“Itu hal yang wajar kok, bukan karena kesalahan setingan atau kualitas ban jelek. Ban belakang dan ban depan memang punya usia pemakaian yang berbeda,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (3/4/2023).

Faktor utama yang menyebabkan ban belakang cepat habis adalah karena pendistribusian berat pada motor lebih bertumpu ke bagian belakang.

“Motor-motor jaman sekarang khususnya motor matik memang memiliki weight distribution yang berat di bagian belakang. Perbandingannya itu 40 persen di bagian depan dan 60 persen di bagian belakang,” kata Dodi.

Dodi menambahkan, sebab lain yang membuat ban belakang cepat botak adalah akselerasi dan pengereman motor lebih banyak terjadi pada bagian belakang.

“Belum lagi kalau motor sering digunakan untuk membonceng, bebannya kan bertumpu di belakang, bukan di depan. Kurang lebih seperti itu logikanya,” kata dia.

Menurut Dodi, pengendara bisa memakai rumus 1:2 saat melakukan pergantian ban. Artinya adalah ban depan baru diganti setelah ban belakang diganti dua kali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Ban Depan Motor Lebih Awet Dibanding Ban Belakang?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/03/181200515/mitos-atau-fakta-ban-depan-motor-lebih-awet-dibanding-ban-belakang-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm