Parfum mobil gantung (Frappersid)
Parfum mobil gantung (Frappersid) ( KOMPAS.COM)

Memilih Parfum Mobil Harus Benar, jika Salah Bisa Bikin Rusak Komponen Ini

4 April 2023 19:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kabin mobil yang wangi dan segar membuat penumpang nyaman dan betah selama di perjalanan. Bau tersebut biasanya dihasilkan dari penggunaan parfum khusus mobil. 

Tapi disamping fungsi utamanya, parfum kabin tentunya memiliki dampak negatif bagi interior, terutama pada sistem pendingin alias AC. Khusus parfum cair, biasanya memiliki kandungan zat-zat kimia chlorine yang kurang baik bila terhisap evaporator.

"Parfum cair kan mudah menguap, lengket dan mengotori bagian dashboard. Nah, itu kandungan material yang asam, jika terhisap evaporator akan korosif. Berubah menjadi gel, dan menutup lubang-lubang masuknya udara," kata Rahmat, Pemilik Bengkel AC Rahmat Semarang. 

Menurut dia, parfum yang dipilih sebaiknya menggunakan produk alami. Bahan natural seperti pengharum beraroma buah, dan aromaterapi selain aman untuk komponen AC juga segar dan membuat rileks. Berbeda dari parfum kimia, saat tercium baunya keras dan menusuk ke dalam hidung. 

Kepala Bengkel Astra Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas mengatakan, justru hasilnya akan bagus kalau pemilik tidak menggunakan parfum di dalam kabin mobil.

"Aroma ori khas kabin. AC yang terkontaminasi parfum itu tidak sehat. Cairan atau gel parfum dapat kedaluwarsa dan tidak aman untuk pernafasan," kata Sapto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Memilih Parfum Mobil Harus Benar, jika Salah Bisa Merusak Komponen Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/04/101200115/memilih-parfum-mobil-harus-benar-jika-salah-bisa-merusak-komponen-ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm