Perdana Tampil di In-Cosmetics 2023 Spanyol, Indonesia Jajaki Kerja Sama dan Raup Potensi Transaksi Rp 193 Miliar
Perdana Tampil di In-Cosmetics 2023 Spanyol, Indonesia Jajaki Kerja Sama dan Raup Potensi Transaksi Rp 193 Miliar ( Humas Kemendag)

Tampil di In-Cosmetics 2023 Spanyol, Indonesia Raup Potensi Transaksi Rp 193 Miliar

5 April 2023 08:10 WIB

SonoraBangka.ID - Indonesia meraup potensi transaksi sebesar 11,8 juta dollar AS atau setara Rp 193 miliar dalam partisipasi perdana di pameran dagang internasional In-Cosmetics 2023 pada 28–30 Maret 2023 di Barcelona, Spanyol.

Potensi transaksi tersebut meliputi bahan baku kosmetik seperti minyak patchouli, minyak pala, asam lemak berbasis sawit, rumput laut dan turunannya, serta potensi kerja sama dalam bentuk waralaba, agen penjualan, dan investasi.

Atase Perdagangan Madrid Prabhata Ganendra mengatakan, selama 3 hari pameran In-Cosmetics, Paviliun Indonesia kebanjiran calon pembeli dan klien potensial.

Mereka bertemu dan berdialog dengan perwakilan perdagangan Indonesia yang berada di Paviliun Indonesia untuk menjajaki peluang kerja sama dengan perusahaan Indonesia.

“Perwakilan perdagangan Indonesia di Spanyol, Atase Perdagangan Madrid, dan ITPC Barcelona banyak menerima perusahaan dan lembaga yang berkunjung untuk mendiskusikan berbagai hal. Berbagai diskusi yang terjalin antara lain meliputi permintaan produk bahan baku industri setengah jadi, jasa lisensi bidang perdagangan di Eropa, jasa logistik, serta berbagai peluang investasi dan kerja sama,” ujar Ganendra dalam siaran resminya, Selasa (4/4/2023).

Partisipasi Indonesia dalam pameran In-Cosmetics 2023 di Barcelona terlaksana atas kerja sama Atase Perdagangan Madrid dan ITPC Barcelona dengan Centre for the Promotion of Imports (CBI) Belanda.

Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Madrid, Bayu Hari Saktiawan, mewakili Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol membuka Paviliun Indonesia secara resmi pada hari pertama In-Cosmetics.

Pembukaan Paviliun Indonesia dimeriahkan dengan sejumlah pertunjukan seni budaya berupa Tari Pendet dan musik gamelan.

Paviliun Indonesia juga menghadirkan tujuh usaha kecil dan menengah (UKM) yang siap 'go-international' yaitu Aroma Atsiri Indonesia, Javagri, MB Plus, Merpati Mahardika, Mignon Sista Internasional, Pemalang Agro Wangi, dan Rumah Atsiri Indonesia.

Para pelaku usaha UKM di Paviliun Indonesia menyampaikan, partisipasi mereka dalam pameran In-Cosmetics 2023 merupakan kesempatan yang sangat berharga. Tidak hanya untuk berkompetisi, tetapi juga saling mengisi kebutuhan di tengah kondisi ekonomi saat ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm