Biji Nangka
Biji Nangka ( Shutterstock)

Bisa Jadi Lauk Atau Camilan, Berikut 4 Cara Masak Biji Nangka

5 April 2023 21:39 WIB

SonoraBangka.id - Jangan langsung buang biji nangka karena dapat diolah menjadi sajian yang lezat. Biji nangka bisa direbus dengan air garam. Tekstur biji nangka rebus padat dan empuk. Kamu dapat menjadikan biji nangka rebus sebagai camilan sehat setelah tarawih. Titin selaku pemilik Serabi Hijau Panji Pondok Kelapa membagikan tips mengolah biji nangka supaya tidak mubazir terbuang dan bisa disulap menjadi camilan atau lauk. 

1. Rebus biji nangka sampai empuk

Titin mengatakan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah rebus biji nangka sampai empuk. Saat biji nangka sudah empuk, teksturnya mirip seperti ubi. “Cara tahu sudah empuk atau belum, kamu tusuk biji nangka pakai tusukan gigi, kalau biji nangka bisa ditusuk, tandanya sudah empuk. Angkat dan tiriskan,” ujar Titin saat ditemui oleh Kompas.com, Sabtu (25/03/2023). Biji nangka harus direbus supaya tidak keras dan bisa menghilangkan getah yang lengket. Setelah direbus, kamu bisa cuci lagi biji nangka menggunakan air bersih.

2. Kupas kulit biji nangka

Titin menjelaskan, proses selanjutnya setelah direbus adalah kupas bagian kulit biji nangka sebelum masuk ke pengolahan selanjutnya. “Beres dikupas, biji nangka bisa diiris-iris memanjang atau sesuai selera karena teksturnya sudha lembut jadi mudah untuk dipotong-potong,” kata Titin.

3. Siapkan bahan dan rempah

Titin mengatakan, biji nangka ini bisa diolah menjadi tumisan biji nangka hanya dengan bahan-bahan simple.  “Bahannya mudah, kamu siapkan saja cabai hijau, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan daun salam. Kamu juga bisa tambahin ikan teri yang sudah digoreng,” ucap Titin. Baca juga: Resep Lodeh Tewel Kikil, Sayur Nangka Muda untuk Makan Siang Resep Kue Lapis Nangka, Bikinnya Mudah dengan 6 Bahan 6 Resep Nangka Muda yang Sedap, Ada Lodeh dan Gulai

4. Tumis semua bahan

Selanjutnya, siapkan wajan dan tuang sedikit minyak. Kemudian tumis cabai hijau, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan daun salam sampai harum. “Baru deh masukkin biji nangka yang sudah dipotong-potong. Tambahin sedikit garam, lada, dan penyedap. Setelah matang, angkat dan bisa langsung dimakan hangat-hangat,” kata Titin. Kamu juga bisa makan tumisan biji nangka ini dengan nasi hangat dan lalapan seperti timun atau labu siam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Masak Biji Nangka, Bisa Jadi Lauk atau Camilan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/05/103200175/4-cara-masak-biji-nangka-bisa-jadi-lauk-atau-camilan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm