ilustrasi makanan dengan sambal matah.
ilustrasi makanan dengan sambal matah. ( SHUTTERSTOCK/Reezky Pradata)

Berikut Ini 3 Cara Membuat Sambal Matah Yang Awet Dan Segar

5 April 2023 21:44 WIB

SonoraBangka.id - Sambal matah cocok dipadukan dengan beragam makanan. Mulai dari ayam, ikan, hingga spageti. Penambahan sambal matah membuat sajian semakin lengkap, terasa menyegarkan ketika disantap. Cara membuat sambal matah khas Bali ini juga tidak sulit. Bahannya sederhana, begitu juga dengan pembuatannya. Kamu bisa menyimak tiga cara membuat sambal matah segar dan awet yang disampaikan Head Kitchen Manttra, Arya Wibawa, berikut ini.

1. Sesuaikan perbandingan bahan

Menurut Arya, perbandingan jumlah setiap bahan dalam sambal matah bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang. "Kalau suka pedas, tambah banyak cabainya. Kalau suka sambal oily, pakai minyak banyak," kata Arya. Baca juga: 3 Beda Sambal Matah dengan Sambal Embe dan Sambal Dabu-dabu Resep Nasi Bakar Ayam Suwir Daun Jeruk, Santap Pakai Sambal Matah Bali Mengenal Sambal Matah, Sambal Mentah Khas Bali

2. Iris bahan dan simpan rapi

Jika ingin membuat sambal matah awet atau dapat disimpan lama, jangan langsung mencampur semua bahan menjadi satu. Arya mengatakan, setiap bahan, seperti cabai, bawang, serai, dan daun jeruk bisa diiris lebih dulu. "Tutup rapat di dalam wadah biar tidak rusak selama disimpan biar bisa tahan lebih lama," tutur Arya saat ditemui Kompas.com di Manttra, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023).

3. Campur minyak saat akan disajikan

Kamu bisa mencampurkan minyak ke dalam irisan bahan sambal matah di akhir agar terasa menyegarkan. Jenis minyak untuk membuat sambal matah biasanya berupa minyak kelapa, minyak salad, dan minyak goreng atau minyak kelapa sawit. "Siram minyak panas supaya tidak langu. Kalau sudah diminyaki, tutup rapat dan dimasukkan ke kulkas, sambal matah bisa kuat sampai tiga hari," jelas Arya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Sambal Matah Awet dan Segar dari Koki Profesional", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/05/073100675/3-cara-membuat-sambal-matah-awet-dan-segar-dari-koki-profesional?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm