Lodeh kuah susu ala Foodplace.
Lodeh kuah susu ala Foodplace. ( KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA)

Agar Tidak Muda Langu, Berikut Ini 5 Cara Membuat Sayur Lodeh

6 April 2023 06:50 WIB

SonoraBangka.id -  Lodeh merupakan menu masakan berkuah santan yang biasa dihidangkan di rumah orang Indonesia. Sayur lodeh memiliki berbagai macam isian. Seperti potongan sayur, daging, hingga kacang-kacangan. Jika kamu ingin membuat lodeh rumahan yang enak dengan aroma tidak langu dan santan tidak pecah. Simak penjelasan berikut ini.

1. Sangrai kemiri

Dilansir dari majalah Sedap / ED 10 2015 terbitan Gramedia, sangrai dulu kemiri yang akan digunakan. Cara ini bisa menghindari lodeh tidak akan langu.

2. Bakar semua bumbu lodeh

Jika kamu tidak menumis bahan untuk bumbu lodeh, bakar atau panggang semua bahan di oven dengan menggunakan loyang yang sudah dialasi kertas alumunium foil.

3. Gunakan api kecil stabil

Dilansir dari buku "SajianKu VOL 15/I/2014: Serba-Serbi Menyiapkan Sajian Untuk Keluarga, Tips Menyajikan Sarapan Pagi" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada, jika memasak santan sebaiknya gunakan api kecil yang stabil agar santan tidak pecah.

4. Terus aduk masakan berkuah santan

Pada saat proses memasak santan, aduk terus agar tidak pecah. Santan yang pecah bisa membuat gumpalan putih yang bikin tampilannya tidak sedap dipandang.

5. Jangan campur dengan bahan asam

Dalam artikel Kompas.com (16/10/2020), Chef Devina Hermawan pada webinar "“Wariskan Resep Juara: Kuliner Nusantara” dari Kara, Kamis (15/10/2020)" menyebut bahwa santan tak boleh dimasak berbahan dengan bahan asam. Santan bisa tidak menyatu dalam masakan dengan bahan asam seperti jeruk nipis. Sebaiknya gunakan saat maskaan sudah matang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Lodeh agar Tidak Langu, Menu Buka Puasa Rumahan Favorit ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/04/131700475/5-cara-membuat-lodeh-agar-tidak-langu-menu-buka-puasa-rumahan-favorit-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm