Ilustrasi soto, salah satu kuliner khas Kota Solo.
Ilustrasi soto, salah satu kuliner khas Kota Solo. ( DOK.SHUTTERSTOCK/yopi adhi putranto)

Agar Tidak Menggumpal, Berikut 2 Cara Membuat Bubuk Koya Soto

6 April 2023 07:05 WIB

SonoraBangka.id - Tak lengkap rasanya, jika menikmati soto tidak dengan taburan bubuk koya.  Taburan koya atau poyah kelapa yang mawur dan menyebar membuat pengalaman makan soto lebih menyenangkan. Pada beberapa hidangan soto Nusantara, kamu bisa menemukan bubuk poyah kelapa di atas hidangannya.  Cara membuatnya tidak sulit. Namun, sebagian orang mungkin pernah mendapati taburan koya buatannya cepat menggumpal.  Dilansir dari majalah Sedap / ED 01 2015 terbitan Gramedia, kamu bisa simak dua tips membuat taburan koya atau poyah agar tidak menggumpal. 

 1. Sangrai dulu kelapa

Kamu bisa mengsangrai kelapa untuk poyah soto sebelum mencampurkannya dengan bumbu lainnya. Setelah disangrai, dinginkan kelapa sangrai hingga uapnya hilang. 

2. Tambahkan bahan kering

Jika kamu merasa bubuk poyah buatanmu mengandung banyak cairan, kamu bisa menambahan bahan kering lainnya. Tambahkan dengan kerupuk udang yang diblender halus dan campurkan dengan kelapa sangrai. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Tips Membuat Bubuk Koya Soto agar Tidak Menggumpal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/03/121300075/2-tips-membuat-bubuk-koya-soto-agar-tidak-menggumpal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm