Jemaat Gereja Katedral tampak khusyuk mengikuti perayaan Jumat Agung dalam rangkaian ibadah Paskah, Jumat (7/4/2023). (KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo)
Jemaat Gereja Katedral tampak khusyuk mengikuti perayaan Jumat Agung dalam rangkaian ibadah Paskah, Jumat (7/4/2023). (KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo) ( )

Khusyuknya Jemaah Saat Ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral

7 April 2023 16:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Perayaan Jumat Agung pada rangkaian ibadah Paskah di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, berlangsung khusyuk. Pantauan Kompas.com pada Jumat (7/4/2023), jemaah yang mulai memadati pelataran Gereja Katedral sekitar pukul 13.30 WIB.

Jemaah semakin memadati lingkungan gereja saat Ibadat II atau peribadatan sesi kedua Jumat Agung segera dihelat pukul 15.00 WIB. Antreannya bahkan sempat mengular di gerbang masuk Gereja Katedral yang berada persis di seberang Masjid Istiqlal.

Saat peribadatan dimulai, jemaah terlihat khusyuk mengikuti ibadat yang dipimpin Romo Albertus Hani Rudi Hartoko dan Romo Yohanes Deodatus.

Jemaah yang terdiri dari anak-anak, remaja, hingga orang tua itu menundukkan kepala ketika peribadatan mulai digelar. Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh Kompas.com, peribadatan sesi kedua bakal berlangsung selama dua jam.

Adapun tema yang diangkat pada perayaan Paskah di ibadat Paskah kali ini adalah Peran Serta Kita dalam Mewujudkan Kesejahteraan Bersama. Ibadah Jumat Agung yang digelar di Gereja Katedral hari ini terbagi menjadi tiga sesi, yakni pukul 12.00 WIB, pukul 15.00 WIB, dan pukul 18.00 WIB.

Ibadah pada pukul 12.00 WIB dilakukan secara hybrid, yaitu offline dan online. Sesi ini dipimpin oleh Romo Bernadus C Triyudo Prastowo dan Romo Joannes Maryana.

Lalu, pukul 15.00 WIB, ibadah dipimpin oleh Romo Albertus Hani Rudi Hartoko dan Romo Yohanes Deodatus yang kembali digelar secara hybrid. Terakhir, pukul 18.00 WIB ibadah hanya digelar secara offline yang dipimpin oleh Romo Yusup Edi Muljono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Khusyuknya Jemaah Ikuti Ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/04/07/16005381/khusyuknya-jemaah-ikuti-ibadah-jumat-agung-di-gereja-katedral.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm