Ilustrasi mudik.(SHUTTERSTOCK/GANDI PURWANDI)
Ilustrasi mudik.(SHUTTERSTOCK/GANDI PURWANDI) ( KOMPAS.COM)

Daftar Benda yang Wajib Disiapkan di Bagasi Mobil Saat Pergi Mudik

8 April 2023 20:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Perjalanan mudik menggunakan mobil memang perlu persiapan yang matang. Pengguna harus memastikan performa mobil dalam kondisi prima jauh-jauh hari.

Selain itu, penting juga menyediakan peralatan yang dibutuhkan jika terjadi keadaan darurat di jalan, seperti misal ban mendadak kempis atau terjadi pecah ban.

Maka ada peralatan wajib yang menjadi standar untuk disediakan di dalam bagasi atau kotak peralatan. Lantas, apa saja itu?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, sebelum melakukan perjalanan mudik sebaiknya pengguna mobil mulai menyiapkan peralatan darurat yang belum lengkap, sehingga ketika waktu keberangkatan bisa fokus kepada hal lain.

“Peralatan darurat ini sebenarnya menjadi alat standar bawaan dari diler, seperti dongkrak, kunci roda, ban cadangan, dan kunci-kunci lainnya, tapi bisa saja alat ini terselip dan hilang sehingga perlu diperiksa dan disiapkan,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Dia mengatakan dengan adanya peralatan tersebut, maka ketika dalam kondisi darurat pengguna mobil bisa langsung mengeksekusi masalah yang menimpa, misal penggantian ban.

“Dalam hal ini, maka selain alat standar tadi, penting menyediakan alat bantu lainnya, seperti balok kayu yang dapat mempercepat proses pendongkrakan bila digunakan sebagai landasan dongkrak model ulir,” ucap Ibrohim.

Selain itu, dia juga mengatakan peting menyediakan segitiga pengaman sebagai rambu-rambu kepada pengguna jalan lainnya yang melintas.

“Dengan segitiga pengaman yang terpasang beberapa meter sebelum titik lokasi mobil, maka pengguna jalan lain akan waspada dan mengambil jarak saat melintas,” ucap Ibrohim.

Jas hujan juga menjadi alat yang penting untuk disediakan menurut Ibrohim, karena hujan bisa turun kapan saja bahkan bisa bertepatan dengan hal-hal darurat.

“Sediakan jas hujan atau payung, itu akan sangat membantu agar tidak kebasahan ketika mengharuskan keluar mobil di saat hujan, bisa juga menambahkan senter sebagai pencahayaan di malam hari,” ucap Ibrohim.

Jadi, benda-benda wajib yang perlu disiapkan dalam kotak peralatan darurat sebelum melakukan perjalanan mudik meliputi;

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm