Ilustrasi asam urat di lutut
Ilustrasi asam urat di lutut ( )

Hindari dan Jangan Dikonsumsi 5 Sayuran Ini Bagi Pengidap Asam Urat

9 April 2023 14:15 WIB

SonoraBangka.id - Ternyata, 5 sayuran ini harus dihindari dan jangan dikonsumsi khususnya bagi pengidap asam urat.

Diketahui, asam urat terbentuk ketika purin terurai dalam tubuh. Purin adalah bahan kimia yang ditemukan dalam makanan tertentu.

Ini biasanya termasuk daging merah, jeroan, seafood, dan kacang-kacangan, utamanya kacang polong. Beberapa jenis sayuran juga mengandung purin yang tinggi.

Biasanya, tubuh akan mengeluarkan asam urat dengan sendirinya saat kita buang air kecil. Hiperurisemia terjadi ketika tubuh membuat terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dalam jumlah yang cukup. Ini biasanya terjadi karena ginjal tidak membuangnya dengan cukup cepat.

Apa Itu Penyakit Asam Urat?

Kelebihan kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan pembentukan kristal. Meskipun ini dapat terbentuk di mana saja di tubuh, mereka cenderung terbentuk di dalam dan di sekitar persendian dan di ginjal.

Sel darah putih pertahanan tubuh dapat menyerang kristal, menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Penyakit asam urat dapat memengaruhi sendi mana pun di tubuh, tetapi sering kali kambuh pertama kali muncul di jempol kaki. Kaki, pergelangan kaki, lutut, dan siku juga merupakan tempat umum asam urat.

Penderita asam urat harus lebih selektif dalam memilih makanan, termasuk sayuran. Meski dikatakan sebagai makanan sehat, namun beberapa jenis sayuran ada yang mengandung purin tinggi.

Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm