Ilustrasi milia
Ilustrasi milia ( Shutterstock/vchal)

Begini Perawatannya, Cara Menghilangkan Milia dengan Mudah! Mau Tahu?

10 April 2023 10:36 WIB

SonoraBangka.id - Milia adalah benjolan kecil berwarna putih yang umumnya tumbuh di bagian wajah, seperti hidung, pipi, dan di bawah mata.

Tentunya, bagi sebagian orang sangat mengganggu penampilan.

Masalah kulit yang dikenal bintik susu ini cukup lazim. Lantas, apakah milia bisa hilang sendiri? Sebelum menyimak jawabannya, kenali dulu apa itu milia.

Apa itu Milia dan Apa Penyebabnya?

Dilansir dari ClevelandClinic, milia adalah kista kecil-kecil yang tumbuh di bawah permukaan kulit.

Milia paling sering tumbuh di wajah. Tapi, tidak menutup kemungkinan kista mirip bruntusan ini muncul di bagian tubuh lain seperti lengan, kaki, atau dada.

Benjolan putih di wajah ini kerap dianggap sama dengan komedo putih atau jerawat. Namun, keduanya berbeda meskipun tampilannya sama-sama berupa bruntusan.

Milia paling sering dialami bayi yang baru lahir. Tapi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalami milia.

Milia disebabkan sel kulit mati yang menumpuk dan membentuk kista di bawah permukaan kulit. Tubuh secara alami bisa menghilangkan sel kulit mati ini agar bisa digantikan sel baru.

Ketika sel kulit mati tidak bisa lepas dari tubuh, sel kulit yang baru tumbuh membuat sel kulit lama menumpuk di bagian bawahnya. Sel kulit mati tersebut lantas mengeras dan berubah menjadi kista.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm