Ilustrasi iPhone.
Ilustrasi iPhone. ( GizChina)

Apple Imbau Pengguna Jaga Jarak iPhone dengan Dada, Minimal 15 Cm

11 April 2023 10:41 WIB

SonoraBangka.ID - Apple mengimbau pengguna iPhone untuk menjaga jarak ponselnya dari dada. Imbauan ini ditujukan untuk mengurangi risiko tertentu, khususnya bagi mereka yang memiliki alat medis implan seperti alat pacu jantung.

Pasalnya, menurut Apple, perangkat elektronik konsumen seperti iPhone 14 dibuat dengan komponen yang memancarkan medan elektromagnetik.

Komponen inilah yang dapat mengganggu kinerja alat medis implan, sehingga berisiko terjadinya kesalahan fungsi.

"Dalam kondisi tertentu, medan magnet dan elektromagnetik dapat mengganggu perangkat medis," tulis Apple lewat situs resminya.

"Misalnya, alat pacu jantung dan defibrilator implan mungkin mengandung sensor yang merespons pada magnet dan radio ketika berdekatan," lanjutnya.

Oleh karena isu kedekatan itu, raksasa teknologi tersebut mengimbau pengguna iPhone untuk menjaga jarak ponsel minimal 15 sentimeter (cm) dari dada.

Jika ponsel sedang di-charge secara wireless, pengguna harus memberi ruang minimal 30 cm antara ponsel dan dada.

Apple menambahkan, pengguna dengan alat medis perlu melakukan konsultasi dengan dokter dan produsen alat tersebut untuk mendapatkan anjuran yang lebih jelas.

Bila muncul tanda-tanda adanya gangguan alat medis dikarenakan produk Apple, Apple pun mengimbau pengguna untuk berhenti menggunakan perangkat tersebut.

Untuk diketahui, ini bukan menjadi pertama kalinya Apple meminta pengguna implan untuk berwaspada. Pada Juni 2021, Apple pernah mengeluarkan peringatan yang serupa untuk penggunaan perangkat iPhone 12.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm