Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama Jakarta Futures Exchange (JFX) atau Bursa Berjangka Jakarta (BBJ).
Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama Jakarta Futures Exchange (JFX) atau Bursa Berjangka Jakarta (BBJ). ( KOMPAS.com)

Produksi Smelter Terkendala, JFX Prediksi Harga Timah Batangan Terus Meningkat

12 April 2023 10:46 WIB

SonoraBangka.ID - Jakarta Futures Exchange (JFX) atau Bursa Berjangka Jakarta memprediksi harga komoditas timah murni batangan akan semakin membaik seiring menggeliatnya permintaan di pasar global.

Mengawali pekan ini harga timah batangan mencapai 25.475 dollar AS per metrik ton dengan permintaan utama masih didominasi China, Singapura dan Jepang.

Direktur Utama JFX Stephanus Paulus Lumintang mengatakan, harga timah batangan cenderung memerlihatkan tren peningkatan karena negara-negara yang mulai membuka industrinya setelah masa pandemi.

Selain itu, dalam waktu bersamaan terjadi kekurangan pasokan karena berbagai kendala di tingkat penambang dan smelter.

"Target transaksi kita tidak muluk-muluk karena beberapa Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB) smelter yang masih berproses. Kita tidak pesimis, tapi tetap optimis bisa mencapai 30.000 sampai 40.000 ton hingga akhir tahun," kata Paulus seusai berbuka puasa bersama di rumah tahfiz Khoiru Ummah, Pangkalpinang, Selasa (11/4/2023).

Paulus mengungkapkan, hingga pertengahan April 2023 transaksi timah batangan sudah mencapai 9.000 ton. Namun realisasi sampai akhir tahun diperkirakan tidak setinggi tahun sebelumnya yang mencapai 50.000 ton.

"Secara global perang Rusia-Ukraina tidak terlalu berpengaruh. Kita tetap lihat peluang positifnya, karena negara-negara di luar itu yang industrinya menggunakan timah," ujar Paulus.

Sebagai bursa komoditi ekspor, JFX kata Paulus telah memiliki 31 trader atau peserta. Jumlah itu diperkirakan bisa terus bertambah hingga 40 peserta dengan berbagai komoditas unggulan.

"Tentu saja dengan harga yang terus naik di pasaran, komoditas terus muncul, khususnya timah batangan asli Bangka Belitung," harap Paulus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Produksi Smelter Terkendala, JFX Prediksi Harga Timah Batangan Terus Meningkat", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/04/11/235122926/produksi-smelter-terkendala-jfx-prediksi-harga-timah-batangan-terus-meningkat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm