Ilustrasi es buah susu.
Ilustrasi es buah susu. ( Dok. Sajian Sedap)

Takjil Buka Puasa Layak Jual, Berikut Cara Membuat Es Buah Susu

12 April 2023 21:37 WIB

SonoraBangka.id - Es buah dan es jelly yang disebut juga es lumut dengan kuah susu belakangan populer di kalangan masyarakat Indonesia.  Susu yang creamy cocok dipadukan dengan agar-agar dan buah berbagai rasa. Kamu bisa menambahkan sirup cocopandan atau rasa mawar untuk memberi rasa yang lebih nikmat.  Simak resep es buah susu dengan tambahan agar-agar atau jelly, kamu bisa menyesuaikan sesusai selera.

Resep es buah susu

Bahan: 

1 bungkus agar-agar atau jelly merah 

50 gram gula pasir

500 ml air untuk rebusan agar-agar

3 sdm sirup rasa cocopandan

300 ml susu cair dingin

Es serut secukupnya

Buah sesuai selera misal stoberi, mangga, atau melon B

Cara membuat es buah susu: 

1. Larutkan agar-agar atau jelly merah dengan 500 ml air, beri 50 gram gula. Masak sampai mendidih sampai terus diaduk. Bekukan, potong kotak dadu.  

2. Rendam biji selasih dengan air. Diamkan agar mengembang. Jika sudah, tiriskan airnya.

3. Dalam satu wadah, aduk rata susu, sirup, es serut, biji selasih, agar-agar, dan buah. Simpan di kulkas sampai waktu berbuka puasa. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Buah Susu, Takjil Buka Puasa Layak Jual ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/11/160200075/resep-es-buah-susu-takjil-buka-puasa-layak-jual-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm