Ilustrasi kue kenari untuk sajian Lebaran.
Ilustrasi kue kenari untuk sajian Lebaran. ( KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

Kue Kering Lebaran Tanpa Telur, Berikut Cara Membuat Kue Kenari

12 April 2023 21:52 WIB

SonoraBangka.id -  Kue kering yang biasanya dibuat menjelang hari Lebaran yaitu nastar, kastengel, putri salju, dan lidah kucing. Jika ingin mencoba kue lain, kamu bisa coba ikuti resep kue kenari ini. Kue kering ini menggunakan kacang kenari dan bumbu spekuk untuk memperkuat rasa rempah.  Kamu bisa dengan mudah menemukan bumbu spekuk di toko khusus kue. Pada resep ini, kue kenari yang dibuat tidak menggunakan telur. Ikuti resep kue kenari berikut ini, dikutip dari buku “Kue Kering Tanpa Telur” (2009) karya Chef Rudy terbitan Penerbit Noura Books

Resep kue kenari

Bahan

250 gram margarin

65 gram gula halus

200 gram tepung terigu protein rendah

20 gram tepung beras

50 gram kenari

1 sdt bumbu spekuk 

Cara membuat kue kenari

1. Kocok margarin dan gula halus sampai mengembang. Masukkan tepung terigu, tepung beras, kenari yang sudah dicincang halus, dan bubuk spekuk. Aduk bahan sampai semuanya merata.

2. Siapkan plastik kue segitiga, spuit berbentuk bintang dan loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga. 

3. Cetak adonan membentuk melingkar pada loyang. Tambahkan kenari utuh di bagian tengah kue.

4. Panggang adonan kue dengan temperatur 160 derajat selama 15-20 menit hingga matang kecoklatan. Setelah matang, angkat kue dan dinginkan. Simpan kue kenari di dalam wadah kedap udara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Kenari, Kue Kering Lebaran Tanpa Telur ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/12/193400975/resep-kue-kenari-kue-kering-lebaran-tanpa-telur-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm