Honda Civic e:HEV alias Civic hybrid diperkenalkan pada ajang pameran otomotif Bangkok International Motor Show 2022(Dok. BIMS)
Honda Civic e:HEV alias Civic hybrid diperkenalkan pada ajang pameran otomotif Bangkok International Motor Show 2022(Dok. BIMS) ( KOMPAS.COM)

Honda Berharap Mobil Hybrid Bisa Dapat Subsidi Seperti Mobil Listrik

12 April 2023 21:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) memilih untuk memasarkan mobil hybrid sebagai kendaraan elektrifikasi pertamanya. HPM pun berharap mobil hybrid bisa mendapatkan subsidi seperti mobil listrik.

Pemerintah memberikan cukup banyak insentif untuk mobil listrik guna menurunkan tingkat emisi karbon di udara. Baru-baru ini, mobil listrik juga mendapatkan subsidi berupa diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen, dari yang 11 persen menjadi 1 persen.

Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT HPM, mengatakan, konsumen dan APM semua bisa berkontribusi dalam menurunkan emisi gas buang. Mesin pembakaran internal yang dikembangkan oleh Honda diklaim sudah "mature".

"Efisiensi bahan bakarnya sangat baik, yaitu kandungan gas buang CO2, gram (CO2) per kilometernya sangat rendah," ujar Billy, saat ditemui di Karawang, belum lama ini.

Billy menambahkan, konsumen bisa memilih antara mesin pembakaran internal dengan harga sekian, atau langkah berikutnya hybrid, kemudian ada juga mobil listrik.

"Kami terus terang berharap hybrid termasuk pengurang gas karbon yang juga besar, walaupun belum nol. Jadi, kalau dapat insentif, sangat baik menurut kami," kata Billy.

"Saya rasa pemerintah menimbang banyak hal. Kami akan mendukung aturan apa yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kita juga ada pembicaraan (dengan pemerintah), ada diskusi," ujarnya.

Hasil diskusi tersebut, menurut Billy, menghasilkan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No. 73/2019 junto 74/2021. Dalam peraturan tersebut, mobil hybrid juga mendapatkan relaksasi dari segi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

"ICE (Internal Combustion Engine) juga yang di bawah 150 g CO2/km kan dapatnya 15 persen. Saya rasa itu sangat baik, itu kan banyak masukan dari APM yang dipertimbangkan oleh pemerintah," kata Billy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Berharap Mobil Hybrid Dapat Subsidi Seperti Mobil Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/12/181100315/honda-berharap-mobil-hybrid-dapat-subsidi-seperti-mobil-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm