ilustrasi santan.
ilustrasi santan. ( SHUTTERSTOCK/Nataliya Arzamasova)

Berikut 4 Cara Menyimpan Santan Agar Awet Dan Tidak Cepat Basi

13 April 2023 06:32 WIB

SonoraBangka.id -  Masakan bersantan tidak bisa disimpan lama karena mengandung santan yang rentan basi. Santan segar yang disimpan terlalu lama biasanya akan mengeluarkan aroma dan rasa asam sehingga tidak lagi aman dikonsumsi. Menjelang Lebaran, santan biasanya banyak digunakan untuk membuat beragam masakan dan kue. Sebaiknya, ketahui cara menyimpan santan yang benar terlebih dulu berikut ini.

1. Pisahkan santan kental dan santan encer

Santan segar terdiri dari jenis santan kental dan santan encer. Sebaiknya, pisahkan dua jenis santan ini sebelum disimpan. Hal ini akan memudahkan penggunaan santan setelah disimpan dan ingin digunakan kembali, seperti dikutip buku "25 Masakan Serba Santan" (2020) oleh Garam Media terbitan Andi Publisher. Baca juga: Apa Santan Boleh Diganti Susu untuk Masak Makanan Indonesia? Resep Es Cincau Hijau Santan, Takjil Praktis dan Menyegarkan 3 Tips Rebus Santan agar Tidak Pecah untuk Membuat Kolak

2. Rebus santan sebelum disimpan

Menurut Rizky Wijatmoko, Executive Sous Chef Shangri-La Hotel Jakarta, ketahanan santan dipengaruhi oleh kualitas kelapanya. Ia mengatakan, santan harus dibuat dari kelapa parut yang bersih tanpa ada sisa kulit di sekitarnya. Dilansir dari berita Kompas.com yang tayang pada Sabtu (11/7/2020), santan kemudian harus direbus sebelum disimpan. “Ini bisa dilakukan dengan cara kita masak dulu sampai suhu diatas 63 derajat celcius selama 15 menit, lalu kita cooling down sampai di suhu dibawah lima derajat Celcius baru bisa kita simpan di kulkas,” kata Rizky.

3. Masukkan wadah kedap udara Lihat Foto ilustrasi santan.

Masih dari sumber buku yang sama, kamu bisa langsung memasukkan santan dingin ke dalam wadah kedap udara. Wadah untuk menyimpan santan bisa berupa alumunium atau plastik tebal yang kuat menahan perasan kelapa ini. Rizky mengatakan, santan sebaiknya tidak disimpan di suhu ruang selama lebih dari dua jam untuk menghindari kualitasnya menurun.

4. Simpan di kulkas dan freezer

Kulkas menjadi tempat paling baik untuk menyimpan santan segar selama satu hingga dua hari. Kamu bisa membuat santan hari ini untuk dipakai memasak besok. Sementara bila ingin menyimpan santan hinga satu bulan lebih, sebaiknya bekukan santan di dalam freezer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Santan agar Awet dan Tidak Cepat Basi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/12/180400075/4-cara-simpan-santan-agar-awet-dan-tidak-cepat-basi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm