Jam kerja ASN selama Ramadhan 2023.
Jam kerja ASN selama Ramadhan 2023. ( KOMPAS.com)

Jokowi Ubah Waktu Kerja ASN, Sabtu-Minggu Libur

14 April 2023 16:40 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Hari Kerja dan Jam Kerja Instansi Pemerintah dan Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Adanya peraturan ini untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), memberikan kepastian hukum terhadap fleksibilitas kerja pegawai ASN serta dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Ketentuan mengenai hari kerja instansi pemerintah, hari kerja pegawai ASN, jam kerja instansi pemerintah, dan jam kerja pegawai ASN dalam Peraturan Presiden ini berlaku bagi instansi pusat dan instansi daerah," bunyi Perpres dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (14/4/2023).

Hari kerja instansi pemerintah untuk kepentingan pelayanan publik sebanyak lima hari kerja dalam satu minggu.

Sedangkan, yang menerapkan enam hari kerja dalam satu minggu, harus menyesuaikan dengan ketentuan dalam Perpres ini paling lama satu tahun.

Terhitung sejak Perpres ini diundangkan pada 12 April 2023. Dalam peraturan ini juga diatur mengenai jam kerja ASN, termasuk pada saat bulan Ramadhan.

"Jam kerja instansi pemerintah dan jam kerja pegawai ASN sebanyak 37 jam 30 menit dalam satu minggu tidak termasuk jam istirahat," bunyi Perpres.

Sementara, jam kerja instansi pemerintah dan pegawai ASN dalam satu minggu di bulan Ramadhan sebanyak 32 jam 30 menit, tidak termasuk jam istirahat.

"Rincian hari kerja instansi pemerintah, jam kerja instansi pemerintah, dan jam kerja pegawai ASN serta jam istirahat instansi pemerintah dan pegawai ASN ditetapkan oleh PPK [Pejabat Pembina Kepegawaian] atau pimpinan instansi," bunyi Perpres.

Fleksibilitas ASN

Dalam Perpres tersebut tertulis bahwa pegawai ASN dapat melaksanakan tugas kedinasan secara fleksibel. Kendati demikian, pegawai ASN harus mengantongi izin oleh PPK atau pimpinan instansi.

"Semua persetujuan tertulis yang telah diterbitkan oleh menteri terkait hari kerja dan jam kerja yang diajukan oleh unit kerja pada instansi pemerintah sebelum peraturan presiden ini mulai berlaku, dinyatakan masih tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dalam Peraturan Presiden ini," penutup Perpres 21/2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Ubah Waktu Kerja ASN, Sabtu-Minggu Libur", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/04/14/130221526/jokowi-ubah-waktu-kerja-asn-sabtu-minggu-libur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm