Suasana kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (15/4/2023).
Suasana kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (15/4/2023). ( )

Anteran Penumpang dan Kendaraan Mulai Memadati Pelabuhan Tanjungkalian Muntok

15 April 2023 14:47 WIB

SONORABANGKA.ID - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok, Bangka Barat mengatakan lonjakan antrean kendaraan pribadi dan penumpang mulai terjadi di pelabuhan penyeberangan Muntok-Tanjungapiapi.

General Manager (GM) PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Christopher Samosir menyebutkan di mana lonjakan itu terjadi pada hari ini, Sabtu (15/4/2023) dan Jumat (14/4/2023) kemarin.

Di mana kini Buffer Zone satu sudah terisi penuh, di Buffer Zone kurang lebih ada 122 kendaraan pribadi disertai penumpangnya, Truk ada 35 unit, sedangkan di dalam pelabuhan ada 60 sampai 80 kendaran.

"Tadi ini H-7 dan kemarin itu sudah terjadi lonjakan antrean, di mana untuk penumpang naik 53 persen. Kalau kendaran pribadi sudah naik 45 persen dari tahun 2022 lalu," ujar Christopher Samosir, Sabtu (15/4/2023).

Lebih lanjut Christopher menyebutkan lonjakan penumpang dan kendaraan ini telah dipersiapkan oleh pihaknya dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, melalui rapat koordinasi beberapa waktu lalu.

"Penanganan ini memang sudah kami disampaikan sebelumnya pada saat rapat koordinasi bersama Pemkab Bangka Barat dan stakeholder lainnya," katanya.

Lonjakan ini terjadi karena masyarakat memilih mudik lebih awal sebelum sebab menghindari kepadatan di pelabuhan yang diprediksi bakal terjadi pada Rabu 19 April 2023 mendatang.

"Pemudik ini memilih berangkat lebih awal, karena harapan kami pun mudik lebih cepat lebih baik. Agar tidak numpuk di satu waktu pada tanggal 19 2023, yang prediksi sebagai puncaknya,"ucapnya.

Ditambahkannya, selama 3 hari ASDP telah menyeberangkan sebanyak 7.400 penumpang itu sudah kendaran dan pejalan kaki.

"Kalau kendaraan ada 1.378 itu sudah dihitung sama motor. Tapi kalau kendaraan truk dan bus sebanyak 1.050. Saat ini status pelabuhan padat karena Buffer Zone 1 sudah terisi," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pelabuhan Tanjungkalian Muntok Mulai Dipadati Anteran Penumpang dan Kendaraan, ASDP Catat Lonjakan, https://bangka.tribunnews.com/2023/04/15/pelabuhan-tanjungkalian-muntok-mulai-dipadati-anteran-penumpang-dan-kendaraan-asdp-catat-lonjakan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm