Transformasi Digital, Titik Perubahan Besar Layanan PLN yang Mudahkan Pelanggan, Diapresiasi Banyak Pihak
Transformasi Digital, Titik Perubahan Besar Layanan PLN yang Mudahkan Pelanggan, Diapresiasi Banyak Pihak ( Humas PLN)

Transformasi Digital, Titik Perubahan Besar Layanan PLN yang Mudahkan Pelanggan

15 April 2023 23:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Tranformasi digital yang dilakukan PT PLN (Persero) selama tiga tahun terakhir menjadi titik perubahan besar perseroan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

Buah dari transformasi digital ini pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak dengan 46 penghargaan di bidang inovasi teknologi dan digital yang diberikan kepada PLN sepanjang tahun 2022 hingga 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo tak menampik torehan prestasi yang dikantongi PLN tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN di penjuru tanah air dan juga dukungan dari Pemerintah.

“Penghargaan tersebut tak lepas dari arahan Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir yang terus mendukung dan mendorong PLN untuk terus bertransformasi. Peran aktif dari kementerian terkait lainnya juga menjadi pemecut semangat kami dalam bekerja keras untuk membuat PLN semakin membaik,” ujar Darmawan.

Berkat inovasi dan kepemimpinannya mengawal transformasi di PLN, Darmawan juga berhasil mengantongi berbagai apresiasi menjadi CEO terbaik dalam bidang pengembangan digital.

"Kami bersyukur upaya digitalisasi ini mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Penghargaan ini bukan untuk saya, ini ditujukan untuk seluruh insan PLN yang telah bekerja keras dan memberikan dedikasi luar biasa bagi perusahaan," pungkas Darmawan.

Dengan leadership yang kuat, Darmawan membuat PLN mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi.

Apalagi, sebagai perusahaan dengan jumlah pelanggan lebih dari 85 juta, PLN dituntut dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat.

"Dulu, proses bisnis PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. Sistem lama ini membuat seluruh proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Kami melakukan transformasi dengan basis digitalisasi," ujar Darmawan.

Dirinya menambahkan, melalui transformasi pihaknya meringkas, menyederhanakan dan mendigitalisasi proses bisnis. Hasilnya, semua proses bisnis mampu dipantau secara real time.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm