Jalur Darurat atau Jalur Penyelamat di Tol Trans Jawa(KOMPAS.com / Azwar Ferdian)
Jalur Darurat atau Jalur Penyelamat di Tol Trans Jawa(KOMPAS.com / Azwar Ferdian) ( KOMPAS.COM)

Jalur Penyelamat di Jalan Tol, Gunakan Bila Mengalami Rem Blong

16 April 2023 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Mudik melewati jalan tol memang jadi pilihan masyarakat saat ini. Apalagi dengan jalan tanpa hambatan tersebut, waktu tempuh ke kampung halaman bisa dipersingkat.

Saat melewati jalan tol yang banyak turunan panjang, kerap ditemui jalur penyelamat yang ada di sisi kiri bahu jalan. Bentuknya seperti tanjakan dan di jalur tersebut dipasang gravel atau undakan.

Selain itu, biasanya sebelum jalur penyelamat, sudah ada rambu-rambu yang mengingatkan. Misal seperti jalur penyelamat 500 meter lagi, atau di depan, sebagai pengingat untuk kendaraan yang membutuhkan.

Namun, jalur penyelamat bukan untuk kondisi mobil yang mogok karena masalah mesin, melainkan menyelamatkan kendaraan yang mengalami rem blong.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol, jalur penyelamat berfungsi sebagai peredam laju kendaraan kecil maupun besar.

Kontur yang ada di jalur tersebut sengaja dibuat kasar dan bergelombang dengan tujuan menjebak laju kendaraan saat alami rem blong atau tidak berfungsi denga baik.

Secara spesifikasi, rata-rata ketinggian jalur penyelamat sekitar enam meter, panjang 20 meter, dan lebar tiga meter. Jalur penyelamat ini kerap ditemui di berbagai jalan tol, seperti Trans-Jawa dan Cipularang.

Bagi pengguna jalan yang melintas, dilarang untuk sengaja berhenti di jalur tersebut kalau bukan dalam kondisi darurat. Alasannya, karena ada saja kendaraan yang mau masuk ke jalur tersebut dan dalam kondisi rem blong, tidak bisa direm.

Jadi bila memang mau berhenti, sebaiknya cari rest area terdekat, bukan di bahu jalan maupun di mulut jalur penyelamat. Kalau berhenti di lokasi tersebut, yang ada hanya cari celaka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jalur Penyelamat di Jalan Tol, Gunakan Bila Mengalami Rem Blong", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/16/144100415/jalur-penyelamat-di-jalan-tol-gunakan-bila-mengalami-rem-blong.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm