Honda CR-V ringsek akibat menabrak bagian belakang truk di Boyolali(Doc NTMC Polri)
Honda CR-V ringsek akibat menabrak bagian belakang truk di Boyolali(Doc NTMC Polri) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Fitur Keselamatan pada Mobil Tetap Memiliki Kelemahan

18 April 2023 20:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil modern dengan harga yang lebih mahal tentu memiliki fitur keselamatan yang lebih lengkap. Misal SRS Airbags, anti-lock brake system (ABS) dan vehicle dynamic control (VDC) demi meningkatkan keselamatan pengendara.

Walau demikian, pengendara tetap perlu waspada dan jangan menganggap sistem keselamatan pada mobil itu sempurna. Karena pada dasarnya, fitur keselamatan cuma upaya dalam menekan risiko cedera pada pengendara bila terjadi kecelakaan.

Seperti apa sih ketidaksempurnaan fitur keselamatan pada kendaraan?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan untuk mengetahui ketidaksempurnaan fitur keselamatan pada suatu mobil bisa melihat hasil tes uji tabrak di pabrikan.

“Biasanya sebelum mobil diproduksi masal, akan dilakukan serangkaian uji tabrak guna mengukur seberapa aman mobil tersebut dengan berbagai fitur keselamatan yang ada,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Dia mengatakan salah satu metode uji tabrak ini ada yang menggunakan boneka, lalu mobil dibenturkan atau dibuat tabrakan dari berbagai sisi dengan kecepatan tertentu.

“Jika diamati, segala kemungkinan ketika mobil mengalami tabrakan bisa terjadi, bahkan sistem keselamatan yang sudah ada pun bisa luput, pengendara tetap berpeluang mengalami cedera serius bahkan meninggal dunia,” ucap Ibrohim.

Seperti Airbag, menurut Ibrohim juga cuma melindungi sebagian sudut saja, sementara arah benturan dari tabrakan mobil bisa dari berbagai arah.

“Sehingga meski mobil memiliki airbags, tidak menjamin secara mutlak bisa memberikan keselamatan yang sempurna, terlebih lagi airbags ini hanya bisa sekali aktif saja,” ucap Ibrohim.

Kalau terjadi kecelakaan beruntun, benturan yang pertama lah yang akan dilindungi oleh airbags pada sudut yang ditentukan, selebihnya tidak ada sistem keselamatan lagi.

Begitu juga ABS dan VDC yang merupakan fitur yang bisa meningkatkan akurasi manuver suatu mobil. Secara teori memang pabrikan mengharapkan fitur tersebut bisa bekerja sesui rencana, tapi menurut Ibrohim fakta di lapangan bisa berbeda.

“Sebagai contoh ketika mobil mengalami aquaplaning atau mobil melaju di atas es, fitur ABS dan VDC tidak akan mampu menangani peristiwa yang terjadi karena berbagai alasan, jadi penting sekali memahami hal ini,” ucap Ibrohim.

Setelah mengetahui bahwa sistem keselamatan pada mobil tidak sempurna, harapannya pengendara lebih waspada dan berhati-hati selama melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Fitur Keselamatan pada Mobil Tetap Punya Kelemahan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/18/120200915/ingat-fitur-keselamatan-pada-mobil-tetap-punya-kelemahan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm