Bulog terus melakukan penyaluran bansos beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh Indonesia hingga H-1 Lebaran.
Bulog terus melakukan penyaluran bansos beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh Indonesia hingga H-1 Lebaran. ( kOMPAS.com)

Bulog Salurkan Bansos Beras hingga H-1 Lebaran

19 April 2023 10:32 WIB

SonoraBangka.ID - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan Bulog terus melakukan penyaluran bansos beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh Indonesia hingga H-1 Lebaran.

“Mendekati Lebaran, Bulog tidak libur. Kita pastikan penyaluran bantuan pangan oleh Bulog masih terus berjalan sampai dengan H-1 Idul Fitri,” kata Arief Prasetyo Adi dikutip dari Antara, Selasa (18/4).

Menurutnya, paya percepatan penyaluran bansos beras 10 kilogram untuk masing-masing penerima sebagai langkah untuk mendorong pemenuhan target pendistribusian untuk tahap pertama ini. Sehingga diharapkan seluruh KPM bisa mendapatkan bansos beras sebelum Idul Fitri.

Bapanas juga terus melakukan koordinasi intensif dengan Bulog untuk memastikan progres penyaluran bansos beras sesuai dengan target serta pendistribusiannya tepat sasaran dan tepat waktu.

“Kita terus pantau dan minta Bulog update realisasinya. Hal ini untuk pastikan agar penyalurannya tepat waktu dan sasaran langsung ke masyarakat by name by address," ujarnya.

Dalam pendistribusiannya, Bulog bekerja sama dengan perusahaan logistik PT Pos Indonesia, JPL, dan DNR yang sistemnya telah terintegrasi secara digital sehingga pedistribusiannya bisa terpantau sampai di titik mana.

Hingga 17 April 2023, Bulog telah merealisasikan bantuan pangan beras tahap pertama sebanyak 131.271.300 kilogram atau sekitar 61 persen dari total penyaluran sebanyak 213.530.000 kilogram.

Berdasarkan jumlah tersebut, Bulog telah menyalurkan bansos beras ini kepada sekitar 13,1 juta KPM yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

Jika dilihat dari data sebaran pendistribusian, tercatat 4 provinsi telah menyelesaikan penyaluran bansos beras, yaitu Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Bengkulu.

“Sudah empat provinsi yang realisasinya 100 persen, provinsi lainnya masih on progress. Beberapa provinsi yang sudah di atas 90 persen, seperti DKI Jakarta yang penyalurannya sudah 98 persen dan Aceh yang sudah 95 persen. Kami mendorong agar dilakukan percepatan pendistribusian termasuk di daerah terdepan dan terluar,” ungkapnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm