Ilustrasi pengecekan oli melalui dipstick(Dok. Pana Oil Indonesia)
Ilustrasi pengecekan oli melalui dipstick(Dok. Pana Oil Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Persiapan Arus Balik, Jangan Lupa Untuk Cek Penguapan Oli Mesin Mobil

23 April 2023 20:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setelah sampai di kampung halaman, pemilik mobil yang melakukan tradisi mudik perlu melakukan pengecekan kondisi kendaraan sebagai persiapan arus balik

Salah satu yang membutuhkan pengecekan yaitu oli. Pemilik mobil dapat melihat kondisi pelumas melalui dipstick.

Masalah yang biasa ditemui adalah oli mesin berkurang. Padahal, kalau bagian dalam mesin tidak terlumasi dengan baik akan mengakibatkan kerusakan komponen penting. 

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, oli yang berkurang sendirinya menandakan bahwa ada penguapan. Tapi, jika terjadi masalah yang cukup parah, umumnya disertai gejala kerusakan lainnya.

"Oli mesin seharusnya jika tidak ada penguapan dan kebocoran volumenya tetap. Jika oli menguap, mesin akan mengeluarkan asap putih kebiruan tanda bahwa oli terbakar. Biasanya mesin mengalami overheat tapi pemilik mobil tidak tau," ucap Syafruddin. 

Berbeda untuk di mobil baru, Syafruddin mengatakan, oli yang berkurang bukan berarti sebuah kerusakan serius. Penyusutan tersebut wajar lantaran penyesuaian kompresi ruang bakar mesin. 

Pengecekan oli menggunakan dipstick tujuannya untuk menghindari penguapan dalam jumlah banyak. Seharusnya saat pagi hari, oli berada di batas tengah hingga atas pada dipstick.

"Mobil di bawah 5.000 kilometer (km) beda. Penguapan itu karena mesin istilahnya masih inrayen. Pemilik disarankan cek kondisi oli setelah sampai di tujuan. Agar oli tidak berkurang dan senantiasa melumasi komponen-komponen mesin," kata Syafruddin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persiapan Arus Balik, Jangan Lupa Cek Penguapan Oli Mesin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/23/154200715/persiapan-arus-balik-jangan-lupa-cek-penguapan-oli-mesin-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm