Blind Spot Warning Nissan Kicks e-Power(Kompas.com/Nanda)
Blind Spot Warning Nissan Kicks e-Power(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Berpapasan di Jalan yang Sempit, Pengendara Jangan Saling Egois

25 April 2023 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Sepanjang arus mudik dan balik Lebaran, sejumlah jalur mudik macet parah. Tak jarang, memilih melintasi jalur alternatif. Kondisi jalan yang dilalui cukup beragam, mulai ekstrem yang berkelok, hingga gang sempit

Kalau berpapasan di jalan yang sempit, banyak pengemudi yang kesulitan lantaran lebar jalan cuma dapat digunakan untuk satu kendaraan. Alhasil, salah satu pihak harus mengalah untuk berpapasan agar tidak bersenggolan. 

Kondisi jalur seperti itu sering ditemukan di daerah pedesaan, sehingga pengendara mobil pribadi perlu tau diri dan tidak egois.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting Jusri Pulubuhu (JDDC) mengatakan, pengemudi sebaiknya berkendara dengan aman dan melihat sudut terluar kendaraan untuk mencari titik berhenti di bahu jalan saat berpapasan.

"Jika jalurnya hanya cukup satu mobil, harus mengalah. Jangan sampai egois, dan akhirnya ketika berpapasan jalan jadi macet. Kecepatan pelan saja, sambil lihat di sisi kiri biasanya ada bahu jalan kosong yang digunakan untuk berhenti, sewaktu mobil dari arah berlawanan melintas," ucap Jusri.

Etika yang sebaiknya dilakukan, menurut Jusri, kedua pengemudi kendaraan yang melintas di jalan sempit perlu saling mengalah. Kalau terpaksa, salah satu kendaraan harus mundur mencari bahu jalan yang lebar untuk berpapasan. 

Bila berpapasan di gang, ada kemungkinan salah satu kendaraan pemudik terpaksa mundur kembali ke jalur utama lantaran kondisi jalan yang tidak cukup untuk dilalui dua mobil.

"Saling menghargai antar pengguna kendaraan pribadi, pemudik sebaiknya tau diri. Komunikasi dengan masyarakat lokal sangat perlu, apalagi papasan di gang yang memang hanya muat untuk satu buah mobil," kata Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berpapasan di Jalan yang Sempit, Pengemudi Jangan Saling Egois ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/25/161200915/berpapasan-di-jalan-yang-sempit-pengemudi-jangan-saling-egois-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm