Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berbicara di Blue Room Balcony, Gedung Putih, Washington DC, 1 Agustus 2022.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berbicara di Blue Room Balcony, Gedung Putih, Washington DC, 1 Agustus 2022. ( AFP)

Joe Biden Resmi Maju ke Pilpres AS 2024, Rekor Capres Tertua di Amerika

26 April 2023 11:04 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Selasa (25/4/2023) mengumumkan pencalonan dirinya untuk maju lagi ke pemilihan presiden atau pilpres AS 2024.

Di pemilihan tersebut, Biden akan mencatatkan rekor sebagai capres tertua di AS karena sekarang saja sudah berusia 80 tahun.

"Setiap generasi memiliki momen harus membela demokrasi. Untuk membela kebebasan fundamental mereka," kata Biden di Twitter disertai video.

"Saya yakin ini milik kita. Itu sebabnya saya mencalonkan diri untuk dipilih kembali sebagai Presiden Amerika Serikat. Bergabunglah dengan kami. Ayo selesaikan pekerjaan ini."

Biden tidak memiliki penantang kuat dari dalam Partai Demokrat, dan kemungkinan akan berhadapan lagi melawan Donald Trump dari Partai Republik seperti di pilpres AS 2020.

Namun, Biden kini lebih disorot karena faktor usianya. Veteran Demokrat ini akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua.

Bahkan kalaupun pemeriksaan medis mendapati dia layak menjalankan tugas kepresidenan, banyak orang termasuk basis pemilihnya merasa eks Wapres Barack Obama ini terlalu tua.

Jajak pendapat NBC News yang dirilis pada akhir pekan lalu mencatat bahwa 70 persen orang Amerika, termasuk 51 persen dari Demokrat, yakin Biden tidak seharusnya mencalonkan diri lagi.

Adapun 69 persen dari semua responden yang mengatakan dia seharusnya tidak mencalonkan diri beralasan khawatir atas usianya, baik itu alasan utama maupun kecil.

Biden sering menjawab kekhawatiran tersebut dengan mengatakan, "Lihatlah aku"..

Menurut kantor berita AFP, jawaban itu berarti para pemilih harus fokus pada kemenangan kebijakannya di dalam negeri dan pengaturan aliansi Barat yang untuk kali pertama membantu Ukraina mempertahankan diri dari invasi Rusia.

Selama 1,5 tahun ke depan, Biden akan mendapatkan keuntungan dari petahana termasuk didukung oleh partai yang bersatu, dibandingkan Partai Republik yang masih bimbang menentukan calon presiden.

Trump (76) memang masih merupakan capres terkuat, tetapi dia sedang tersandung sejumlah kasus seperti uang suap kepada bintang porno Stormy Daniel dan kerusuhan Gedung Capitol.

Penantangnya untuk maju ke pilpres AS 2024 adalah Gubernur Florida Ron DeSantis yang usianya jauh lebih muda yaitu 44 tahun, dan mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley (51).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Joe Biden Resmi Maju ke Pilpres AS 2024, Rekor Capres Tertua di Amerika", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2023/04/25/185400770/joe-biden-resmi-maju-ke-pilpres-as-2024-rekor-capres-tertua-di-amerika?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm