Ilustrasi Overhaul mesin motor(Freepik/PeopleCreations)
Ilustrasi Overhaul mesin motor(Freepik/PeopleCreations) ( KOMPAS.COM)

Penanganan dan Biaya Servis Motor yang Telanjur Menggunakan Oli Palsu

27 April 2023 19:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memakai oli palsu untuk pelumas mesin motor bisa menimbulkan efek korosif yang sangat merusak. Masalahnya, kerusakan tersebut biasanya terjadi dengan cepat dan sulit diminimalisasi.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88, mengatakan, langkah pencegahan yang seharusnya dilakukan pengguna supaya tidak tertipu oli palsu adalah dengan membeli oli di bengkel resmi.

Bagi pengguna apes yang telanjur memakai pelumas palsu, satu-satunya langkah penanganan yang bisa dilakukan adalah overhaul alias turun mesin.

“Mesin yang kena oli palsu pasti akan tersumbat, karena oli berubah jadi seperti kecap dan menggumpal di dalam. Efeknya, semua komponen bergerak di dalam mesin jadi nyangkut, bahkan aus,” ucap Anto kepada Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Usai mesin diturunkan, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan gurah mesin alias menguras mesin motor dengan pelumas khusus.

Menurut dia, ada kemungkinan komponen-komponen bagian dalam mesin masih bisa diselamatkan setelah gurah mesin. Akan tetapi, hal itu cukup jarang.

“Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, motor kalau telanjur kena oli palsu pasti kerusakannya cukup fatal. Misalnya bearing aus, piston lecet, dan seal rusak. Komponen vital semua yang kena,” ucapnya.

Anto mengatakan, biaya penanganan motor yang terkena oli palsu adalah sekitar Rp 2 jutaan, tergantung dari jenis motornya. Menurut dia, biaya untuk motor kopling jauh lebih mahal daripada motor matik.

“Walaupun sudah diservis, tidak ada jaminan performa motor bisa kembali prima seperti sediakala. Itulah bahayanya oli palsu buat mesin, efeknya mirip-mirip dengan motor yang terendam banjir,” ucap Anto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penanganan dan Biaya Servis Motor yang Telanjur Pakai Oli Palsu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/27/110200915/penanganan-dan-biaya-servis-motor-yang-telanjur-pakai-oli-palsu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm