Ilustrasi lepet ketan.
Ilustrasi lepet ketan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/FOTONE AGUS)

Tambahkan Kacang Hijau, Berikut Cara Membuat Lepet Ketan Hitam

29 April 2023 13:02 WIB

SonoraBangka.id -  Lepet adalah makanan tradisional terbuat dari beras ketan dan kelapa muda, kemudian dibungkus daun janur. Lepet umumnya dibuat saat tradisi ketupat pada beberapa daerah di Jawa. Kali ini kamu dapat membuat lepet menggunakan beras ketan hitam ditambahkan kacang hijau, cara memasaknya mudah. Simak cara membuat lepet ketan hitam berikut ini, dikutip dari buku "Aneka Olahan dari Beras" (2022) karya Winarti terbitan PT Saka Mitra Kompetensi. 

Resep lepet ketan hitam

Bahan:

250 gram beras ketan hitam

250 ml air

150 gram kelapa muda parut kasar

50 gram kacang hijau, rendam

1/2 sendok teh garam

Daun janur untuk membungkus 

Cara membuat lepet ketan hitam:

1. Rendam beras ketan hutam selama satu jam lalu kukus hingga 20 menit.

2. Sementara itu didihkan air dan garam lalu masukkan ketan. Aduk hingga menjadi aron, tambahkan kelapa dan kacang hijau. Aduk rata.

3. Letakkan adonan di atas sehelai daun kelapa yang agak lebar. Gulung di janur lalu lilit dan sematkan ujungnya. Kukus lepet sampai matang.

4. Sajikan lepet dalam piring saji.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Lepet Ketan Hitam, Tambahkan Kacang Hijau", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/28/210500775/3-cara-membuat-lepet-ketan-hitam-tambahkan-kacang-hijau.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm