Sajian sambal bawang buatan Foodplace.
Sajian sambal bawang buatan Foodplace. ( DOK.KOMPAS.COM/MIFTAHUL RIZKY)

Ide Jualan Makanan Kemasan Ynag Tahan Lama, Berikut 5 Resep Sambal Enak

3 Mei 2023 14:16 WIB

SonoraBangka.id - Sambal bisa dikemas dan dijual jadi makanan tahan lama. Namun dengan catatan, resep sambal tersebut memang memungkinkan untuk disimpan lama.  Selain resep atau komposisi bahan, awet tidaknya sambal juga tergantung dengan cara pengemasan.  Pastikan sebelum berjualan sambal untuk melakukan uji coba mulai dari pengemasan, durasi simpan, dan keamanan pengiriman terutama yang menempuh jarak jauh.  Simak lima resep sambal lauk inspirasi jualan makanan kemasan tahan lama dari Kompas.com Food berikut ini. 

1. Sambal baby cumi 

Baby cumi adalah cumi kecil dengan panjang skeitar dua sampai tiga meter. Ukuran cumi yang kecil ini cocok masuk ke stoples, tanpa perlu kamu repot memotong-motong cumi besar.  Baby cumi biasanya juga dijual dalam bentuk sudah diasinkan sehingga awet tahan lama.  Cara mengolah baby cumi asin, sebaiknya direndam air panas minimal 10 menit agar rasa asin berkurang dan teksturnya lembut.  Simak resep sambal baby cumi asin di sini. Saran, sebaiknya tidak ditambahkan pete, mengingat tidak semua orang suka pete. 

2. Sambal bawang 

Sambal bawang atau sering pula disebut sambal korek adalah jenis sambal yang cocok disantap pada hampir semua masakan terutama lauk gorengan.  Kelebihan lain, sambal bawang terdiri dari bahan yang sederhana hanya perlu jumlah komposisi bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit yang pas.  Selengkapnya simak resep sambal bawang di sini. 

3. Sambal lado mudo padang (sambal cabai hijau) 

Sambal lado mudo atau sambal cabai hijau khas rumah makan padang ini terkenal akan rasanya yang gurih dan harum.  Sambal ini terdiri dari campuran cabai hijau besar dan cabai rawit hijau dengan campuran bawang.  Baca juga: Resep Ayam Pop, Masakan Khas Minang untuk Menu Buka Puasa Apabila ingin dijual untuk kemasan, hilangkan bahan lemon cui karena bahan ini harus segar dan dapat membuat sambal mudah rusak. Kamu bisa menambahkan teri goreng untuk rasa sambal lado mudo yang lebih nikmat.  Simak resep sambal lado mudo padang di sini. 

4. Sambal hitam bebek madura 

Sambal hitam bebek madura ini belum banyak dijual di pasaran, jika ada masih sedikit pesaing. Padahal, cukup banyak penyuka sambal hitam.  Baca juga: Resep Bebek Goreng Sambal Mangga untuk Makan Malam Sebabnya, sambal hitam madura ini punya komposisi yang lumayan banyak ketimbang tiga sambal di atas.  Proses masaknya juga terbilang lama agar bumbu bisa menghitam sempurna. Namun demikian, ini bisa jadi peluang usaha sambal.  Simak resep sambal hitam bebek madura di sini. 

5. Sambal embe bali 

Sambal embe khas Bali bisa bertahan jauh lebih awet ketimbang sambal matah.  Pada dasarnya sambal matah adalah sambal yang disajikan segar dan tidak melalui proses masak, hanya disiram minyak panas.  Oleh karena itu, sambal matah tidak cocok dijual jadi sambal kemasan, adapun umumnya rasa sambal matah jadi berubah.  Pilihan aman sambal khas Bali untuk dibuat kemasan adalah sambal embe, yang bawangnya melalui proses goreng. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Resep Sambal Enak untuk Ide Jualan Makanan Kemasan Tahan Lama ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/03/101200275/5-resep-sambal-enak-untuk-ide-jualan-makanan-kemasan-tahan-lama-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm