Ilustrasi otak manusia
Ilustrasi otak manusia ( Josh Riemer)

Blackrock Neurotech Pesaing Elon Musk Pasang Chip di 50 Otak Manusia

4 Mei 2023 18:30 WIB

SonoraBangka.ID - Sebuah perusahaan bernama Blackrock Neurotech, membuat sebuah proyek implan chip ke otak manusia atau dikenal sebagai Brain Computer Interface (BCI).

Proyek ini serupa dengan yang dilakukan perusahaan besutan Elon MuskNeuralink. Bedanya, Blackrock Neurotech mengeklaim sudah memasang chip kepada sekitar 50 manusia.

Menurut Blackrock Neurotech, proyek pemasangan chip ke otak manusia itu bertujuan untuk menyembuhkan cacat fisik, kebutaan, gangguan pendengaran hingga depresi. Adapun chip bikinan perusahaan itu disebut sebagai NeuroPort.

Sekitar 50 orang dilaporkan sudah menerima implan chip NeuroPort pada otak mereka. Chip ini dirancang dengan 100 microneedle, yaitu teknik penyuntikan dengan sejumlah jarum berukuran kecil, guna membaca sinyal listrik dari pikiran seseorang.

Sinyal tersebut kemudian diterjemahkan melalui software khusus yang didukung oleh machine learning, menjadi perintah digital. Misalnya diterjemahkan menjadi gerakan kursor untuk mengoperasikan komputer.

Secara teknis, NeuroPort didesain berbentuk seperti jarum dan bisa diletakan di mana saja, di permukaan otak manusia. Satu orang juga bisa menerima beberapa chip untuk ditanamkan pada otaknya.

Adapun fungsinya, perangkat ini mampu membantu mengendalikan kaki artifisial, kursi roda, memainkan video game, hingga merasakan perasaan.

Dalam praktiknya, chip ini bisa membantu seseorang untuk menggambar, meski memakai lengan robot atau lengan buatan hingga menjalankan program komputer.

"Kami adalah satu-satunya bisnis dengan implan BCI otak langsung ke manusia," kata Marcus Garhardt, salah satu pendiri Blackrock Neurotech.

"Rangkaian implan kami memungkinkan pasien terhubung langsung ke komputer, mengontrol kaki robot dan kursi roda, bermain video game bahkan memulihkan perasaan," imbuhnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm