Ilustrasi
Ilustrasi ( )

Mengapa Kulit Wajah Tetap Lebih Gelap dari Tangan Walau Sering Pakai Sunscreen?

5 Mei 2023 13:37 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin, kita merasa kesal saat kulit wajah lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit di bagian tubuh bagian lain.

Padahal, kita sudah rajin memakai sunscreen.

Tentu hal tersebut membuat kita bertanya-tanya. Apakah sunscreen yang kita pakai tidak berpengaruh?

Meski telah rajin memakai sunscreen, tetapi hal tersebut tidaklah cukup untuk mencegah warna kulit wajah menjadi lebih gelap dibanding dengan bagian tubuh lainnya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, Ismiralda Oke Putranti mengatakan bahwa anggapan sunscreen bisa digunakan mencegah terjadinya penggelapan kulit adalah hal yang salah.

Sunscreen tidak melindungi kita dari tanning (proses kulit menjadi lebih gelap). Jadi kalau terpapar sinar matahari, kulit kita relatif berwarna, tetap akan menjadi lebih gelap,” ucap Ismiralda dikutip dari Kompas.com, Rabu (03/05).

Ismiralda juga menambahkan jika kulit menjadi gelap dikarenakan tubuh membentuk pigmen (zat pembentuk warna kulit) sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet Matahari.

Hal tersebut menyebabkan kulit tetap menjadi lebih gelap meskipun telah menggunakan sunscreen saat seseorang beraktivitas di tengah paparan sinar matahari.

“Itu merupakan respons normal tubuh kita. Sunscreen juga tidak dapat menghilangkan warna kulit yang sudah terbentuk sebelumnya,” tuturnya. 

Ismiralda mengatakan, untuk melihat warna asli dari kulit seseorang, dapat melihat kulit di bagian lengan atas sebelah dalam dekat dengan ketiak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm