Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobil(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobil(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Dinamo Ampere Mobil Rusak Tidak Melulu Harus Diganti Dengan Yang Baru

6 Mei 2023 18:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dinamo ampere atau alternator yang sudah rusak memang tidak bisa dibiarkan saja, karena harus segera diperbaiki agar kerusakan tidak semakin meluas.

Kerusakan dinamo ampere ada beberapa macam, sehingga solusinya bisa beragam jika tidak dilakukan penggantian menyeluruh. Ada kasus yang berupa bunyi dengung ketika mesin bekerja, dan bisa juga daya listrik pengisian aki terlalu kecil atau terlalu besar.

Dari beberapa jenis kerusakan dinamo ampere tersebut, dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Sehingga, performa mobil dapat kembali normal.

Joko Spesialis Dinamo Klaten mengatakan solusi dari rusaknya dinamo ampere perlu dilihat dari masalahnya, karena bisa diperbaiki tidak harus diganti dengan yang baru.

“Misal dinamo ampere bunyi dengung, maka bisa dicari penyebab bunyinya dan dilakukan penggantian pada onderdil yang rusak saja, bisa bearing, puli dan atau dioda,” ucap Joko kepada Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Sedangkan kalau kerusakan dinamo ampere berupa ketidakmampuannya dalam menyuplai daya listrik ke aki, maka perbaikannya bisa melakukan pemeriksaan rangkaiannya dengan melakukan pembongkaran.

“Solusinya bisa beragam, bisa saja dengan mengganti sikatnya bila bagian tersebut yang sudah aus atau habis, atau hanya menyambung rangkaian dengan solder, atau bisa juga menggulung ulang kabel lilitan,” ucap Joko.

Joko mengatakan solusi tersebut sebaiknya diserahkan pada ahlinya, jika tidak maka bisa saja bengkel memberikan saran ganti dinamo ampere satu gelondong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dinamo Ampere Mobil Rusak Tidak Melulu Harus Diganti Baru", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/06/140200915/dinamo-ampere-mobil-rusak-tidak-melulu-harus-diganti-baru.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm