Artificial intelligence (AI) Robot yang dapat menyapa pengunjung secara langsung merupakan salah satu use case pada Showcase 5G Telkomsel . (Dok. Telkomsel)
Artificial intelligence (AI) Robot yang dapat menyapa pengunjung secara langsung merupakan salah satu use case pada Showcase 5G Telkomsel . (Dok. Telkomsel) ( KOMPAS.COM)

Pekerjaan yang Bakal Hilang pada 5 Tahun ke Depan, Apa Saja?

7 Mei 2023 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perkembangan teknologi dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari. Tapi, teknologi juga dapat mengancam lapangan pekerjaan yang selama ini ada di masyarakat.

Menurut World Economic Forum atau  WEF,  teknologi kecerdasan buatan (AI) akan memengaruhi lapangan pekerjaan dalam waktu lima tahun ke depan.

Hal ini terlihat dalam survei Future of Jobs Report 2023 yang dilakukan WEF pada 803 perusahaan di 27 kelompok industri dan 45 ekonomi dari seluruh wilayah dunia.

Sebanyak 85 persen dari 803 perusahaan menyatakan menerapkan teknologi baru dan memperluas akses digital dalam aktivitas mereka.

Kondisi tersebut mendorong tumbuhnya pekerjaan baru di bidang aplikasi digital, e-commerce, hingga pendidikan secara lebih berani.

Tapi sebaliknya, teknologi ini juga diperkirakan akan mengganggu tenaga kerja yang bisa tergantikan oleh mesin selama lima tahun ke depan.

Daftar pekerjaan yang hilang

WEF menyebutkan ada 10 pekerjaan yang diprediksi akan menghilang seiring perkembangan teknologi. Dalam hal ini, tenaga manusia perlahan akan tergantikan oleh AI.

Berikut daftar pekerjaan yang diperkirakan akan hilang pada periode 5 tahun ke depan:

  • Teller bank dan pegawai sejenis
  • Petugas layanan pos
  • Kasir dan petugas tiket
  • Data entri petugas
  • Sekretaris
  • Petugas perekaman dan penyimpanan persediaan bahan baku
  • Petugas akuntansi, pembukuan, dan penggajian
  • Legislator atau anggota dewan
  • Petugas statistik, keuangan, dan asuransi
  • Petugas penjualan langsung, secara door-to-door atau di jalanan

Di antara pekerjaan tersebut, jumlah petugas entri data, akuntan, dan sekretaris akan mengalami penurunan yang paling besar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm