Sebuah helikopter terbang di atas area kebakaran hutan dekat dengan penghalang jalan polisi di luar kota Drayton Valley, Alberta, Kanada pada 7 Mei 2023. Alberta mengumumkan keadaan darurat pada 6 Mei 2023 ketika kebakaran hutan berkobar di seluruh provinsi Kanada, memaksa 25.000 orang-orang meninggalkan rumah mereka dalam apa yang dikatakan seorang pejabat tinggi sebagai krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ribuan orang lainnya telah diberitahu untuk bersiap-siap pergi pada saat itu juga, karena jumlah kebakaran -yang dipicu oleh angin kencang- melonjak menjadi 110.
Sebuah helikopter terbang di atas area kebakaran hutan dekat dengan penghalang jalan polisi di luar kota Drayton Valley, Alberta, Kanada pada 7 Mei 2023. Alberta mengumumkan keadaan darurat pada 6 Mei 2023 ketika kebakaran hutan berkobar di seluruh provinsi Kanada, memaksa 25.000 orang-orang meninggalkan rumah mereka dalam apa yang dikatakan seorang pejabat tinggi sebagai krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ribuan orang lainnya telah diberitahu untuk bersiap-siap pergi pada saat itu juga, karena jumlah kebakaran -yang dipicu oleh angin kencang- melonjak menjadi 110. ( KOMPAS.com)

Kebakaran Hutan di Kanada Barat Paksa 30.000 Orang Mengungsi

9 Mei 2023 08:39 WIB

SonoraBangka.ID - Kebakaran hutan yang menyebar di Kanada Barat mendorong perintah evakuasi baru pada Minggu (7/5/2023).

Sekitar 30.000 orang disebut telah diberitahu untuk dapat meninggalkan rumah mereka di Provinsi Alberta.

Di sana, lebih dari dua lusin kebakaran belum dapat dikendalikan.

Perdana Menteri Kanada Alberta Danielle Smith menyebut, situasi itu belum pernah terjadi sebelumnya. 

Dia telah mengumumkan keadaan darurat terkait kebakaran hutan Kanada barat pada Sabtu (6/5/2023).

"Provinsi Alberta telah mengalami musim semi yang panas dan kering. Dengan begitu banyak kayu bakar, yang diperlukan hanyalah beberapa percikan api untuk memicu kebakaran hutan menakutkan," kata Smith, dikutip dari AFP.

Provinsi Alberta adalah salah satu daerah penghasil minyak terbesar di dunia.

Juru bicara badan pemadam kebakaran Alberta, Christie Tucker, mengatakan hujan ringan yang tersebar di bagian selatan provinsi pada Minggu memungkinkan petugas pemadam kebakaran mendekati daerah yang sebelumnya tidak dapat dijangkau karena sifat kebakaran yang ekstrem.

Menurut dia, kondisi di bagian utara provinsi masih sangat sulit dijangkau.

"Prioritas kami hari ini adalah dan selalu kebakaran hutan yang mengancam masyarakat atau kehidupan manusia," jelas Tucker.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm